icon-category Health

Oalah...Ini Toh yang Bikin Hati Jadi Rusak

Bagikan :

LIVER, hepar,atau hati merupakan organ yang spesial bagi tubuh kita karena fungsinya yang sangat penting dan kompleks. Misalnya, seperti yang sudah diketahui, hati berfungsi menetralisir racun-racun yang masuk ke tubuh, menyimpan energi, dan mengatur kadar gula darah. Dengan beragam fungsi itu, hati mempunyai peranan yang tergantikan, padahal organ yang satu ini hanya berbobot sekitar 1,5 kg.

Sayangnya, organ hati tidak luput dari kerusakan. Kerusakan liver bisa menurunkan kualitas hidup seseorang, bahkan juga bisa membawa kematian. Ini bisa dilihat data kesehatan terbaru bahwa liver ialah salah satu dari 10 penyakit terbesar yang menyebabkan kematian di Indonesia.

Ada dua faktor utama kerusakan liver, yaitu faktor gaya hidup dan faktor penyakit. Faktor pertama merujuk pada penurunan kinerja liver karena faktor usia. Itu makin diperparah oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan minum alkohol, pola makan yang tak teratur dan tak seimbang, mengonsumsi makanan yang tak higienis, serta asupan lemak yang berlebih dalam tubuh. “Selain itu, aktivitas tinggi dan olahraga berlebihan tanpa diimbangi oleh istirahat dan jam tidur yang mencukupi dapat menjadi pemicu kerusakan liver,” ungkap ahli gastroenterologi dari Gleneagles Hospital Singapura, Dr. Ooi Choon Jinsaat diwawancarai Fitness for Men.

Faktor lain yang tak kalah bahaya adalah faktor penyakit. Musuh utama liver adalah virus hepatitis. Saat ini, dunia medis mengenal tiga kelompok hepatitis, yaitu hepatitis A, B, dan C. “Penularan virus tersebut dapat melalui beberapa media, antara lain melalu suntikan bekas transfusi darah atau jarum membuat tato,” terang dr. Ooi.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : Organ Hati Liver 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini