Inovasi Usaha Ala Sakoo Di Tengah Pandemi
Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Uzone.id - Melemahnya ekonomi di tengah pandemi COVID-19, mendorong pelaku usaha untuk berinovasi dalam usahanya. Inovasi tersebut dapat berupa value innovation, product innovation, promotion innovation, channel innovation, dan digital innovation.Berikut penjelasan mengenai inovasi-inovasi usaha tersebut yang Uzone.id dapat dari platform Sakoo:
1. Value Innovation
Value Innovation merupakan sebuah inovasi dengan mengedepankan nilai yang didapatkan konsumen.
Membuat Value Innovation seperti membuat paket bundling dengan harga yang terjangkau atau penawaran produk gratis seperti masker atau hand sanitizer merupakan strategi untuk menumbuhkan intensi pembelian konsumen.
2. Product Innovation
Product Innovation adalah sebuah inovasi bagaimana pengusaha dapat membuat produk atau mengembangkan produk sesuai dengan kebutuahan pasar.
Saat ini, masyarakat dibatasi untuk pergi ke luar rumah. Sehingga, masyarakat membutuhkan asupan makanan yang enak namun praktis agar tidak bosan.
Para pengusaha makanan pun dapat mengembangkan produknya menjadi frozen food sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
3. Promotion Innovation
Penggunaan tools of promotion yang disesuaikan dengan keadaan saat ini menjadi inovasi yang sangat baik. Seperti iklan produk makanan dan bahan makanan yang juga memberikan tata cara masak di rumah yang saat ini memang dibutuhkan masyarakat.
4. Channel innovation
Dengan memberikan inovasi dalam pelayanan pembelian produk atau penggunaan jasa juga dapat diterapkan ditengah pandemi. Seperti menerima delivery atau drive-thru.
Baca juga: 5 Fitur Sakoo yang Bikin Mudah Kelola Toko Online
5. Digital Innovation
Pemanfaatan media digital yang saat ini telah berkembang pesat merupakan peluang dalam sebuah usaha. Seperti mengadakan konser online, virtual tourism, penyediaan layanan hiburan dan lain-lain.
Pelaku bisnis juga dapat melakukan digital innovation dengan memanfaatkan platform Sakoo yang dapat mempermudah anda dalam mengelola stok produk, mengelola data pelanggan, mengelola promosi, pencatatan laporan keungan serta mengintegrasikan toko Anda ke berbagai marketplace dan juga toko offline.
Dengan melakukan sebuah inovasi-inovasi tertentu, pelaku bisnis di Indonesia pasti dapat bertahan di tengah pandemi.
Baca juga: Strategi ala Sakoo Agar Bisnis Kuliner Tetap Eksis Selama Ramadan
Hal ini dikarenakan pasar tidak akan pernah mati, namun bagaimana cara pengusaha yang dapat menjangkau pasar untuk dapat menyesuaikan dengan keadaan pasar yaitu berada di tengah pandemi yang menyulitkan kontak fisik dan adanya perubahan kebutuhan pasar.
Maka dari itu, pasar online merupakan solusi yang tepat. Sakoo menyediakan wadah untuk para pelaku bisnis yang ingin berjualan online, dengan membuat website toko dan fitur integrasi marketplace yang bisa membuat pelaku bisnis berjualan di banyak marketplace, peluang bisnis online akan semakin terbuka lebar.
Selain itu, terdapat juga fitur ads/promosi untuk mempromosikan website toko di berbagai platform. Yuk pakai Sakoo.