Digilife

Instagram Bakal Matikan Aplikasi Perpesanan Threads

  • 18 November 2021
  • Bagikan :
    Instagram Bakal Matikan Aplikasi Perpesanan Threads

    Foto: lalo Hernandez/Unsplash

    Uzone.id - Instagram memiliki aplikasi perpesanan mirip Messenger untuk Facebook. Aplikasi yang diluncurkan tahun 2019 ini dinamakan Threads.

    Sayangnya, berbeda dengan Messenger yang laris manis di kalangan pengguna Facebook, Threads malah mengalami kemunduran. 

    Baru-baru ini, Threads sepertinya akan dimatikan oleh Meta, nama baru untuk induk perusahaan Facebook. Keputusan ini menyusul upaya konsolidasi berkelanjutan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

    Gagalnya Threads menjadi aplikasi populer salah satunya dikarenakan desain antarmuka yang terlihat 'kikuk' dan adanya pembatasan fitur, seperti hanya bisa mengirim pesan ke teman dekat pengguna saja. 

    Baca juga: Instagram Uji Coba Gabungkan IGTV dan Video Feed Jadi Reels

    Pengguna Instagram mungkin lebih memilih menggunakan aplikasi yang sama daripada harus memakai aplikasi terpisah yang memiliki keterbatasan jangkauan.

    Status-Tab-Purple Threads

    Kemudian, untuk mengatasi masalah tersebut, Instagram akhirnya memberikan pembaruan besar-besaran di 2020. Sayang, pembaruan ini datang sedikit terlambat. 

    Pembaruannya memang menghadirkan beberapa fitur unik dan menarik, namun para pengguna masih tetap memilih aplikasi Instagram untuk sekedar bertukar pesan.

    Pertumbuhan Threads yang dibilang ‘lambat’ ini terlihat dari jumlah penginstalan secara global, terhitung hanya sekitar 13,7 juta unduhan di Apps Store dan Google Play. Terlebih, tak ada angka pasti berapa pengguna yang masih rutin menggunakan aplikasi ini.

    Bintang dari aplikasi ini juga disebut tak cukup baik, banyak keluhan mulai dari desain aplikasi, fitur yang hilang, hingga adanya bug.

    Menurut keterangan yang didapat dari TechCrunch, aplikasi Threads ini akan berakhir pada akhir Desember mendatang. Bagi mereka yang masih menggunakan aplikasi ini, pihak Instagram akan mengirim notifikasi mulai tanggal 23 November ini. 

    Baca juga: ‘Suara Robot’ ala TikTok Hadir di Instagram Reels

    Notifikasi tersebut berisi saran agar pengguna kembali menggunakan layanan perpesanan dalam Instagram.

    Namun, bagi mereka yang ingin menunggu hingga akhir. Meta mengatakan jika begitu dukungan Threads berakhir, pengguna akan keluar secara otomatis dari aplikasi. 

    Aplikasi ini kemudian akan lenyap dari App Store dan Google Play. Tapi tak usah khawatir karena fitur-fitur yang ada di Threads akan segera hadir di aplikasi utama Instagram.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini