icon-category Digilife

Instagram Hijrah Jadi Aplikasi Video

  • 01 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi: Gabrielle Henderson/Unsplash

    Uzone.id -- Sejak dulu, netizen di seluruh dunia mengenal Instagram sebagai aplikasi berbagi konten foto. Bahkan, Instagram identik dengan foto-foto berbentuk persegi yang diunggah oleh para penggunanya. Seiring berkembangnya media sosial, identitas Instagram seakan ingin diubah.

    Head of Instagram, Adam Mosseri mengumumkan perubahan ini dalam sebuah video yang diunggah pada Rabu (30/6).

    “Kami akan bereksperimen bagaimana kami mengembangkan video lebih luas lagi -- layar penuh, lebih imersif, konten menghibur, dan video yang ramah perangkat mobile,” ungkap Mosseri. “Kalian akan melihat banyak eksperimen di ruang ini dalam beberapa bulan mendatang.”

    Baca juga: Tak Bisa Swipe Up? IG Stories Kini Bisa Bagikan Link

    Langkah ini tentu sebagai jawaban dari perkembangan platform berbagi video seperti YouTube dan TikTok yang mendorong banyak influencer dan kreator konten membuat karya dan video-video pendek yang menyita perhatian publik.

    “Kami bukan lagi aplikasi berbagi foto, atau aplikasi berbagi foto kotak,” imbuh Mosseri.

    Apa yang diumumkan Mosseri bisa jadi sebagai ‘kisi-kisi’ kepada para penggunanya agar tetap bersemangat dan penasaran dengan apa yang akan disuguhkan oleh perusahaan sebagai tanda bahwa Instagram tetap berkembang, tidak stagnan, dan akan tetap relevan.

    Mengutip Gizmodo, anak usaha Facebook ini memang telah merencanakan perubahan seperti ini sejak beberapa bulan belakangan.

    Baca juga: Ada TikTok dan Instagram Reels, Mana yang Cocok Dipakai?

    Pada Agustus 2020, platform ini meluncurkan Reels, layanan berbagi video pendek yang menjiplak TikTok ke beberapa negara terpilih. Baru per Juni 2021, Reels akhirnya bisa dinikmati oleh pengguna di Indonesia.

    “Orang-orang membuka Instagram untuk terhibur, dan kami paham ada persaingan ketat di industri ini dan masih ada banyak hal yang akan kami lakukan. Kami harus mengikuti perkembangan, itu artinya harus terhadap perubahan,” tutup Mosseri.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini