home ×
Digilife

Instagram Jiplak TikTok, Dulu Fitur Ini ‘Dicuri’ dari Snapchat

05 August 2020 By
Instagram Jiplak TikTok, Dulu Fitur Ini ‘Dicuri’ dari Snapchat
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - CEO TikTok Kevin Mayer mengkritik pedas Facebook sebagai copycat alias tukang jiplak. Hal yang disorot oleh Mayer adalah fitur Reels yang akan hadir di aplikasi Instagram. Reels selama ini memang hadir untuk menyaingi TikTok.

Nama Instagram memang besar, sama besarnya dengan imej bahwa aplikasi ini sering menjiplak layanan pesaingnya yang sedang naik daun. Sebelum, TikTok, Instagram pernah ‘mencuri’ fitur di Snapchat.

Baca juga: CEO Tiktok Kritik Instagram Tukang Jiplak


Ya, memang saat itu Snapchat tengah naik daun, sempat akan dibeli Facebook namun ditolak, Instagram pun langsung memumpus sinar terangnya dengan menghadirkan sejumlah fitur yang mirip.

Sambil menunggu fitur Reels yang konon mirip dengan TikTok, kami segarkan lagi sejumlah fitur Instagram punya kemiripan dengan Snapchat saat itu.

Instagram Stories



Saat pertama kali Snapchat diperkenalkan pada tahun 2011, yang membuat aplikasi ini terkenal adalah Snap, postingan video atau foto untuk pengikut namun akan hilang dalam 24 jam.

Ya, terdengar tak asingkan. Karena beberapa waktu kemudian, entah dari mana, Instagram mengumumkan bahwa mereka melakukan hal yang persis sama, tetapi menyebutnya ‘Stories”.

Di satu sisi, ada orang-orang di Instagram yang berpikir itu fitur yang keren dan inovatif karena mereka belum pernah menggunakan Snapchat sebelumnya. Di sisi lain, penggemar Snapchat yang setia yang menunjukkan bahwa inilah yang telah dilakukan Snapchat sejak awal.

Berfokus pada Selfie

Snapchat selalu lebih banyak tentang mengambil foto diri sendiri (Selfie) sedangkan Instagram telah dikenal lebih fokus pada pengambilan foto "momen", merujuk pada tempat, makanan, atau orang lain yang pengguna alami.

Tetapi, sekarang dengan Instagram Stories, tampaknya telah membuat perubahan untuk fokus pada mengambil foto narsis.

Kemudian Instagram menambahkan stiker menyenangkan dari berbagai jenis topi. Misalnya, kalian dapat menambahkan topi bajak laut, topi koboi, dan topi Viking, atau kacamata konyol, topi pesta, dan bahkan kacamata berlensa ke gambar.

Instagram melakukannya karena mereka berharap pengguna akan menggunakan stiker kecil ini dengan cara pengguna Snapchat mengubah diri mereka menjadi anjing dengan filter menyenangkan mereka.

Alat Menggambar pada Foto



Yang juga termasuk dalam pengumuman Fitur Stories adalah fakta bahwa pengguna Instagram sekarang dapat menambahkan teks atau menggambar di foto mereka. Fitur ini adalah sesuatu yang selalu spesifik dengan sifat Snapchat juga.

Geo-Filter

Di Snapchat, pengguna dapat mengambil foto dan menggulir set filter di mana set adalah "geo-filter" yang berarti filter yang spesifik untuk lokasi yang ingin ditambahkan. Dan bisa ditebak, tak lama kemudian, Instagram meluncurkan fitur yang serupa.




Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andar str 10 August 2020 | 11:42:38

Tapi instagramnya enggak peduli walaupun dinyinyirin Intinya optimis aja mereka

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article