Digilife

Instagram Uji Coba Gabungkan IGTV dan Video Feed Jadi Reels

  • 18 November 2021
  • Bagikan :
    Instagram Uji Coba Gabungkan IGTV dan Video Feed Jadi Reels

    Foto: Claudio Schwarz/Unsplash

    Uzone.id - Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapatkan kesempatan lebih awal untuk menjajal fitur uji coba terbaru dari Instagram.

    Dalam beberapa waktu ke depan, Instagram akan menguji coba fitur yang menggabungkan seluruh video singkat berdurasi di bawah 15 menit dalam Tab Reels. 

    Melihat angka pertumbuhan Reels yang cukup pesat, Indonesia dan Jepang menjadi dua negara awal yang mendapatkan fitur uji coba ini.

    Video seperti IGTV dan video yang biasa diunggah ke feed akan secara otomatis diubah menjadi konten video Reels.

    Baca juga: ‘Suara Robot’ ala TikTok Hadir di Instagram Reels

    Pieter Lydian sebagai Country Director untuk Meta Indonesia, Rabu, (18/11/2021), mengatakan bahwa dengan adanya peleburan ini, pengguna tidak perlu repot dan bingung memutuskan apakah mereka harus membuat Reels, video feed, atau IGTV.

    Uji coba penggabungan konten video singkat menjadi Reels

    “Uji coba ini dirancang untuk membuat pengalaman menonton video di Instagram lebih immersive, layar penuh, dan lebih menyenangkan,” kata Pieter.

    Uji coba ini akan memberikan kemudahan pada kreator dalam membuat video-video singkat yang berdurasi kurang dari 15 menit dan mendorong kontennya agar ditemukan lebih banyak lagi.

    Hadirnya fitur ini menjadi jawaban Instagram atas apa yang diinginkan oleh penggunanya, yaitu video menghibur yang bisa dinikmati langsung di feed mereka dan menjelajah video layar penuh dengan kualitas tinggi.

    Instagram memudahkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi dan menemukan konten video berdurasi panjang dengan hadirnya tab khusus untuk video di profil pengguna.

    Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur 'Take a Break'

    “Kami sangat senang melihat pertumbuhan Reels di Indonesia dan kami berharap perubahan ini akan mendorong pertumbuhan tersebut lebih cepat lagi bagi semua pengguna Instagram, baik itu konsumen, kreator, maupun pelaku bisnis,” tutup Pieter.

    Sementara itu, untuk durasi Reels yang original masih tetap bertahan di 60 detik atau 1 menit. Bedanya, dalam uji coba kali ini, tab Reels tak hanya menampilkan konten Reels saja, melainkan akan menampilkan video-video seperti IGTV dan video feed yang memiliki durasi di bawah 15 menit.

    Untuk IGTV yang berdurasi lebih dari 15 menit, maka video akan tetap berada di format IGTV.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini