icon-category Auto

Intip Spek Sangar Motor Listrik yang Diserahkan Prabowo ke TNI Polri

  • 01 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan 228 alat utama sistem senjata (alutsista) untuk TNI Polri. Dari jumlah tersebut di antaranya terdapat motor listrik yang dibuat khusus untuk prajurit TNI Polri.

Dikutip dari Antaranews, motor listrik yang dibangun khusus untuk para prajurit TNI Polri ini digunakan untuk meningkatkan keberlanjutan dan efisiensi dalam operasi semi-militer.

Penyerahan dilakukan oleh Prabowo didampingi oleh Panglima TNI Jendral Agus Subyanto dan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo. Ketiganya turut mengecek semua kendaraan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Rabu (28/2).

Beberapa alutsista yang diserahkan di antaranya terdapat Pandur, Harimau, Ranpur Anoa, Ranpur Komodo APC, Ranpur Badak Canon 90, Maung V3, Rigid Buoyancy Boat, Ransus, Rantis, Truk 4x4, Truk 2,5 Ton, dan sepeda motor trail listrik untuk TNI dan Polri.

alt-img

Perihal motor listrik yang diandalkan adalah model trail lansiran Len Spirit 3K. Motor ini dikembangkan oleh PT Len Industri (Persero) yang merupakan anak perusahaan PT Eltran Indonesia.

Motor listrik Len Sprint 3K ini dibuat secara lokal di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 61 persen.

Len Sprint 3K dihadirkan sebagai kendaraan dinas aparat penegak hukum dengan fokus utama pada TNI-Polri. TNI dan Polri sendiri sudah memesan motor listrik tersebut hingga 5.000 unit yang akan dikirip secara bertahap di tahun 2024 ini.

Secara spesifikasi, Len Sprint 3K mengusung desain motor trail pada umumnya. Motor ini dilengkapi suspensi teleskopik 36 mm di bagian depan dan monoshock di bagian belakang.

Secara dimensi, motor ini cukup besar karena memiliki panjang 1.990 mm, lebar 780 mm, dan tingginya mencapai 1.390 mm. Secara bobot, motor listrik ini terhitung cukup berat yakni mencapai 130 kilogram.

Hal tersebut dikarenakan Len Sprint 3K memiliki panel body yang terbuat dari armid fiber, material tersebut cukup kuat setara dengan sebuah kevlar.

Di penggerak listriknya, Len Sprint 3K mendapatkan 2 baterai lithium-ion berkapasitas 72 V 42 Ah yang dilengkapi teknologi pendingin untuk mencapai suhu optimal. Sementara penggeraknya menggunakan model mid-drive yang memberikan daya sebesar 4 kW dan output maksimal hingga 9 kW.

Dengan dua komponen di atas, Len Sprint 3K mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar yakni 28 dk dan torsi 52 Nm.

Dengan spesifikasi di atas, Len Sprint 3K mampu menempuh jarak hingga 110 kilometer dalam satu kali pengisian daya penuh. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 98 km/jam.

Kemampuannya di atas dianggap efisien dan dapat dihandalkan untuk operasi taktis TNI dan Polri.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini