icon-category Auto

Ioniq 5 Laku Keras, Hyundai Pensiunkan Ioniq Gen 1

  • 13 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Hyundai Ioniq (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Setelah kehadiran Hyundai Ioniq 5 yang berhasil mencuri perhatian masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia, Ioniq generasi 1 akan dihentikan produksi dan penjualannya pada Juli 2022.

    Produksi terakhir Ioniq generasi 1 di pabrik Ulsan, Korea Selatan, diperkirakan meluncur dalam beberapa minggu lagi. Setelah itu, pelanggan tidak akan bisa memesan Ioniq 1 lagi.

    Tak cuma Ioniq geneasi 1 bertenaga listrik murni atau electronic vehicle (EV) yang dihentikan produksinya, varian hybrid dan PHEV juga tidak akan lagi dibuat.

    Baca juga: Toyota Punya Mirai, Kapan Suzuki Bikin Mobil Hidrogen?

    Hyundai sebetulnya sudah lama merencanakan langkah ini karena ada perubahan permintaan pelanggan. Sampai saat ini, seri Ioniq sudah laku lebih dari 135 ribu unit dan itu memenuhi harapan Hyundai, seperti dilansir Uzone.id dari Motor1, Senin (13/6).

    Mobil ini pertama kali diproduksi tahun 2016 dan menjadi kendaraan pertama di dunia yang dirancang dengan tiga model elektrifikasi, sekaligus menjadi cikal bakal teknologi mobil listrik canggih dari Hyundai.

    Selain itu, Ioniq generasi pertama menjadi proyek pertama Hyundai mengembangkan sistem otonom dengan prototipe self-driving yang ditampilkan di Geneva Motor Show 2017.

    Tentu saja, Ioniq 1 akan digantikan Ioniq 5 yang juga diproduksi di Indonesia di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

    Baca juga: Sudah Pakai Mild Hybrid, Ertiga Hybrid Kok Pakai Start-Stop Engine?

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Erwin Djajadiputra pernah mengatakan kepada media pada 13 Mei 2022 kalau Ioniq 5 telah dipesan 1.700 unit. Selain itu, Ioniq 5 juga menambah SPK setiap hari sekitar 50-60 unit.

    Hyundai berikutnya akan memproduksi Ioniq 6 dan menyusul SUV Ioniq 7 dengan jok tiga baris. Jelang disuntik mati, Ioniq berhasil meraih penghargaan internasional World Car of the Year 2022 pada April 2022.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini