home ×
Gadget

iPhone 13 Akan Pecahkan Rekor Smartphone Termahal

27 August 2021 By
iPhone 13 Akan Pecahkan Rekor Smartphone Termahal
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Meski belum diperkenalkan, rumor mengenai iPhone 13 sudah menyeruak dan selalu menarik dibaca. Yang terbaru, produk smartphone terbaru Apple itu diprediksi akan menjadi yang termahal dari semua iPhone yang pernah digelontorkan ke pasar.

Hal ini terungkap dalam laporan yang dilansir dari Digitimes, Jumat, 27 Agustus 2021. Menurut laman tersebut, mahalnya harga iPhone 13 yang akan dilempar ke pasar pada September 2021 nanti adalah karena naiknya harga chip komponen iPhone 13. Produsen yang bertanggung jawab adalah TSMC.

Manufaktur chip asal Taiwan, TSMC, dikabarkan akan menaikkan harga chip yang biasa disuplai ke Apple untuk perangkat iPhone. Kabarnya, TSMC akan meningkatkan harga chip sampai 10 persen, bergantung pada teknologi prosesor yang digunakan. Khusus untuk iPhone 13 kabarnya akan menggunakan chip 7nm.

Kenaikan harga chip ini akan terjadi di tahap awal melibatkan iPhone 13. Kemudian akan berdampak ke perangkat smartphone merek lainnya yang akan dipasarkan mulai Desember 2021.

Sejatinya, tidak ada informasi pasti berapa harga yang akan dibanderol oleh Apple untuk iPhone 13. Namun berdasarkan data Counterpoint Research, tahun lalu harga komponen iPhone 12 naik sebesar 21 persen dibanding iPhone 11. Sedangkan harga jual iPhone 12 standar naik dari USD699 menjadi USD799.

Setiap peningkatan komponen sebesar 3 sampai 10 persen memang akan memberikan dampak cukup signifikan pada harga produk. Namun begitu prosesor juga merupakan salah satu komponen paling mahal di telepon. Walaupun sebenarnya harga komponen layarlah yang paling mahal, komponen lain diharapkan melihat peningkatan pada model iPhone 13 Pro ke panel 120Hz.

Namun menaikkan harga iPhone 13 merupakan hal yang cukup menantang bagi Apple. Pasalnya, kompetitor mereka, Samsung baru saja menggelontorkan smartphone lipat yang harganya lebih terjangkau ketimbang generasi sebelumnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id