home ×
Gadget

iPhone 13 Bakal Bebas dari Tombol Fisik?

08 September 2021 By
iPhone 13 Bakal Bebas dari Tombol Fisik?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi: dok. Apple

Uzone.id -- Seiring pengumuman Apple Event yang akan digelar pada 14 September 2021, semakin terkuak bocoran seputar iPhone 13 yang tak lama lagi akan dirilis. Salah satunya mengenai tampilan ponsel yang kabarnya tidak akan memiliki tombol fisik.

Bisa jadi seri iPhone 12 adalah iPhone terakhir Apple yang memiliki tombol fisik di bodi ponsel, seperti volume dan tombol power. Rumor terbaru yang beredar mengatakan kalau iPhone 13 akan buttonless, alias terbebas dari tombol fisik.

Lantas, bagaimana pengguna akan mengendalikan iPhone?

Baca juga: Apple Gelar Acara 14 September, Umumkan iPhone 13

Situs Apple Insider menemukan pengajuan paten Amerika Serikat yang menunjukan bahwa Apple sedang menyelidiki “perangkat input penginderaan kapasitif”, yang kemudian dipercaya merupakan istilah lain dari “tombol”.

Nah, di dalam paten itu, tombol yang dimaksud akan diubah menjadi “invisible backlit holes” yang muncul saat disentuh dan menghilang saat tidak digunakan.

Jika memang paten tersebut maksudnya adalah agar perangkat seperti iPhone tak lagi mengusung tombol fisik, banyak yang meyakini kalau tampilan iPhone 13 bisa lebih elegan.

Baca juga: GoPay Resmi Jadi Alat Pembayaran di Apple

Meski begitu, tetap saja belum bisa dipastikan secara akurat apabila Apple memang berencana menghilangkan tombol fisik, benar-benar akan diaplikasikan ke iPhone 13 atau masih harus menunggu setidaknya sampai 2022. Banyak yang juga menganggap, meski baru paten, konsep menghilangkan tombol fisik pada iPhone bukan sesuatu yang mustahil.

Apple termasuk berani untuk ‘membunuh’ audio jack 3,5 mm sejak peluncuran iPhone 7 di tahun 2016. Jika membayangkan kemungkinan port Lightning juga akan dihilangkan di iPhone generasi selanjutnya agar mendorong wireless charger, tampaknya semakin terbuka kemungkinan lini iPhone nantinya tidak memiliki tombol fisik.

Menurut kalian gimana?

VIDEO: 10 Istilah Hits di 'Dunia' WhatsApp

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id