Gadget

iPhone 8 Masih Layak Dibeli di Tahun 2021?

  • 18 November 2021
  • Bagikan :
    iPhone 8 Masih Layak Dibeli di Tahun 2021?

    Uzone.id - Hampir setiap tahun iPhone hadir dengan seri terbaru. Biasanya bulan September menjadi waktu yang sering dipilih untuk peluncuran.

    Di tahun 2021, pabrikan yang identik dengan logo apel kroak ini mengeluarkan iPhone 13. Ponsel ini dibekali dengan fitur yang sangat canggih. Terutama fitur kamera yang selalu menjadi keunggulan dari iPhone.

    Menariknya, meskipun Apple telah mengeluarkan ponsel seri terbaru, di pasaran masih sangat banyak seri-seri lama yang beredar. Bahkan kondisinya masih baru. Peminatnya pun terbilang cukup banyak. Salah satu seri yang sampai saat ini masih banyak peminatnya adalah iPhone 8.

    Ponsel yang dirilis pada tahun 2017 ini masih banyak dicari orang, entah itu di toko offline atau online. Di marketplace seperti Blibli.com juga masih banyak yang menjual iPhone 8.

    Baca juga: Kata Pengguna iPhone 13 Pro Usai Pakai 2 Minggu

    Keinginan untuk merasakan kecanggihan iPhone dengan harga terjangkau menjadi salah satu alasan orang membeli iPhone 8. Biasanya yang seperti ini tergolong ke dalam pengguna pemula.

    Mereka yang sudah bosan dengan sistem operasi Android ingin merasakan hal baru menggunakan sistem operasi iOS dari Apple. Selain alasan tersebut, masih ada alasan lain yang membuat orang memilih menggunakan iPhone 8 di tahun 2021:

    Peforma yang mumpuni

    Ketika pertama kali muncul, iPhone 8 sering kali dibanding – bandingkan dengan seri sebelumnya iPhone 7 atau iPhone 7 plus. Banyak pihak yang menilai bahwa iPhone 8 tidak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan seri sebelumnya. Bahkan ada yang menilai lebih baik menggunakan iPhone 7 Plus ketimbang iPhone 8.

    Di beberapa sisi anggapan diatas memang ada benarnya, tapi tidak dari sisi performa. Apple memberikan peningkatan yang cukup signifikan pada iPhone 8. Untuk urusan performa, ponsel ini dibekali dengan chipset A11 Bionic.

    Baca juga: Apple Setop Jual iMac 21,5 Inci?

    Chipset ini diklaim 25 persen lebih cepat dengan 2 core performa dibandingkan chipset A10 yang ada di seri sebelumnya. Selain itu, dengan 4 core, efisiensinya juga lebih cepat 70 persen. Hal ini menunjukkan bahawa iPhone 8 lebih unggul dari sisi performa dibandingkan pendahulunya.

    Kualitas kamera yang ciamik

    Jika dibandingkan dengan pendahulunya, fitur kamera yang dimiliki iPhone 8 memang tidak jauh berbeda dengan iPhone 7 Plus. Kedua ponsel ini sama – sama memiliki kamera ganda dengan resolusi 12MP, dengan masing – masing kamera memiliki bukaan f/18.

    Tapi, di iPhone 8 Apple menambahkan satu fitur yang bagi sebagian orang itu sangat menarik. Apalagi untuk anda yang suka mengabadikan momen dalam bentuk foto. Fitur yang dimaksud adalah Potrait Lighting. Fitur ini mampu membuat foto potrait jadi berlatar blur, dan ini diklaim setara dengan kamera SLR berlensa premium.

    Desain yang kekinian

    Ketika iPhone 8 mulai beredar di pasaran, mungkin sebagian besar dari anda banyak yang tertarik dengan desain ponsel ini. Apple memberikan kesan yang begitu elegan pada iPhone 8 dengan penggunaan bahan kaca pada bagian depan dan bagian belakang.

    Meskipun terbuat dari kaca, ponsel ini mempunyai kemampuan untuk tahan terhadap air dan debu. iPhone 8 sudah bersertifikasi IP67, dimana perangkat ini bisa tahan di dalam air hingga kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit.

    Harga yang terus menukik turun

    Berbicara tentang harga, sudah barang tentu perangkat lawas seperti iPhone 8 akan terus mengalami penurunan harga. Setiap adanya seri baru yang keluar, seri – seri yang sebelumnya otomatis akan mengalami penurunan harga. Apalagi kalau seri terbaru memiliki teknologi yang jauh lebih canggih.

    Saat ini iPhone 8 bisa anda bawa pulang dengan mahar Rp 3,2 juta – Rp 3,9 jutaan. Harga ini berbeda jauh dengan harga ketika ponsel ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2017. Saat itu harga jual iPhone 8 di Indonesia sekitar Rp 12,5 juta untuk versi 64GB dan Rp 15,3 juta untuk versi 256GB.

    Dengan harga yang sudah sangat murah dan teknologi yang belum ketinggalan zaman, gak heran kalau masih banyak konsumen yang mencari perangkat ini.

    Sistem operasi tergolong baru

    Salah satu ketakutan orang membeli iPhone versi lawas adalah terkait sistem operasi yang digunakan. Apple akan selalu memperbaharui sistem operasi iOS yang mereka miliki.

    Dan setiap pembaharuan tersebut, pasti bakalan ada seri – seri lama yang terdampak. Alhasil perangkat tersebut akan mengalami keterbatasan dalam mengakses software atau aplikasi – aplikasi yang ada.

    Saat ini Apple telah mengeluarkan iOS versi terbaru, yakni iOS 15.1. Untuk pengguna iPhone 8, anda masih bisa update ke iOS 15.1. Meskipun lawas, ponsel ini masih support untuk penggunaan iOS versi terbaru.

    Bahkan jika melihat deretan ponsel yang bisa menggunakan sistem operasi ini, masih ada beberapa seri lama dibawah iPhone 8 yang masih kebagian sistem operasi ini. Hal ini menunjukkan bahwa iPhone 8 masih sangat bisa digunakan untuk 2 sampai 3 tahun ke depan. Oleh karena itu anda gak usah ragu untuk menggunakan ponsel ini di tahun 2021.

    Itulah beberapa alasan yang menjadikan iPhone 8 masih sangat layak digunakan di tahun 2021. Sebagai informasi tambahan, bagi anda yang suka mobile game, iPhone 8 punya satu fitur yang bisa memanjakan para gamers.

    Ponsel ini mempunyai fitur Augmented Reality (AR). Fitur ini menggabungkan benda maya 2D dan 3D, sehingga karakter terlihat lebih nyata.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini