home ×
Technology

Iphone akan Keluarkan Emoji Hijab Tahun Depan

13 November 2016 By
Iphone akan Keluarkan Emoji Hijab Tahun Depan
Share
Share
Share
Share


Setahun terakhir, Iphone tampaknya ingin merayakan keberagaman dengan memunculkan berbagai macam emoji. Perusahaan ini merancang khusus emoji yang mengakomodasi berbagai budaya, warna kulit, bahkan orientasi seksual yang disusul kontroversi.

Namun, hingga kini belum ada satu pun emoji yang merepresentasikan perempuan Muslim sebagai bagian dari masyarakat dan pengguna Iphone dunia. Kenyataan ini memicu ide remaja berusia 15 tahun, Rayouf, untuk mengajukan desainnya.

Rayouf Alhumedh merupakan gadis asal Arab Saudi yang tinggal di Berlin, Jerman. Ia mengajukan desainnya kepada Unicode agar diperkenalkan bersamaan dengan rilis Unicode 10 tahun depan.

Seperti banyak remaja lain, Rayouf menggunakan berbagai emoji ketika berkomunikasi dengan teman via Whatsapp (WA). Namun, ia mengaku kesal karena tidak karena tidak ada karakter yang mampu mengidentifikasi identitasnya sebagai muslimah berhijab.

Kepada Washington Post, ia berkata, "Saya ingin sesuatu yang merepresentasikan diri saya, juga jutaan perempuan yang menggunakan jilbab setiap hari, dan bangga dengan apa yang mereka kenakan."

Setelah beberapa bulan mengampanyekan keinginannya, Unicode akhirnya mengabulkan harapannya. Ia juga mendapat dukungan dari berbagai pihak. Mena Albalkimi, perempuan asal Arab Saudi, menyampaikan keinginan yang sama kepada Metro.co.uk.

"Saya akan sangat senang apabila ada emoji hijab. Saya pikir penting untuk memiliki rangkaian emoji yang beragam dan menggambarkan semua kebudayaan. Apalagi hijab telah banyak disalahartikan sebagai penghalang dalam menjalani aktivitas sehari-hari," kata dia.

Selain emoji hijab, Unicode juga menyetujui 51 desain lain. Salah satu juga mendapat sambutan ialah emoji menyusui ibu (breastfeeding).  Akan ada 36 emoji baru berbentuk wajah, termasuk mimik meringis dengan mata berbintang, wajah tersenyum sembari berdandan, serta ekspresi terkejut dengan kepala meledak.

Di bagian makanan, pengguna akan menemuka menu baru berupa pie, pretzel, dan sandwich. Ada pula koleksi emoji hewan baru seperti jerapah, zebra, anjing, dan t-rex.  Belum pasti kapan koleksi baru ini akan diluncurkan, namun rangkaian emoji itu diharapkan akan dapat digunakan mulai tahun depan.

 

Berita Terkait



Berita Lainnya


Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id