home ×
Gadget

iPhone dan Gagalnya Kebangkitan Tren Smartphone Mini

15 March 2021 By
iPhone dan Gagalnya Kebangkitan Tren Smartphone Mini
Share
Share
Share
Share

Foto: Ilustrasi iPhone 12 Mini dan iPhone SE

Uzone.id - Inovasi yang selalu disuguhkan Apple pada lini smartphone kadang bikin dunia melirik, kadang juga malah jadi satu catatan tersendiri yang oleh sejumlah pihak dianggap sebuah kegagalan.

Kita tau bagaimana banyak orang menantikan inovasi terbaru pada lini iPhone 12 series. Apple dengan berani menyuguhkan inovasi pada sisi ukuran--berharap bisa mengulang kejayaan iPhone 4 series di masa lampau.

Namun sepertinya, tren ukuran smartphone saat ini masih terlalu kuat berkutat di ukuran 6 inci ke atas. Sementara iPhone 12 Mini percaya diri mengusung ukuran 5,4 inci saja.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 Lite 5G Dikabarkan Muncul di TENAA

Perkara beda 0,6 inci makin terlihat terasa karena rata-rata anggapan saat ini smartphone berkuruan 6 inci saja sudah dianggap sebuah smartphone kompak.

Layarnya kekecilan lah, kurang puas untuk nonton, gak asik kalau main game dan masih banyak alasan lain yang membuat orang enggan beralih ke smartphone ringkas dan berukuran mini.

Hal ini pun berdampak pada penjualan dan strategi produksi yang dilakukan Apple terhadap lini iPhone 12 seriesnya. Penjualan iPhone 12 Mini tak sebaik keluarga 12 series lainnya. Padahal, dari sisi harga termasuk paling murah.

Bahkan, menurut laporan Nikkei, Apple dikabarkan mulai merevisi target produksi dari iPhone di semester pertama tahun 2021 ini.

Apple bakal melakukan pemangkasan produksi semua seri iPhone hingga 20 persen dibandingkan dengan rencana yang sudah diputuskan pada Desember tahun lalu. Mayoritas yang dipangkas produksinya adalah iPhone 12 Mini.

Estimasinya, dari 20 persen keseluruhan seri iPhone, Apple akan memangkas produksi iPhone 12 Mini hingga lebih dari 70 persen, sementara iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max tidak berubah banyak karena permintaan pasarnya masih baik.

Selain iPhone 12 Mini pun, saat ini bakal cukup sulit untuk menemukan smartphone berukuran mini. Salah satu seri flagship yang terbaru mungkin ada pada Samsung Galaxy S21 yang punya ukuran 6,2 inci dan sudah banyak orang menyebutnya flagship kompak--kalau gak mau disebut kecil.

Pertimbangan tangan pegal dan ketidakpraktisan untuk digenggam, disimpan dan ditaruh di kantung pada sebuah smartphone layar besar masih kalah ketimbang kebutuhan orang untuk melihat sebanyak mungkin apa yang bisa ditampilkan sebuah layar mobile.

Apakah pemangkasan produksi iPhone 12 Mini merupakan sebuah pertanda kalau tren smartphone kecil sudah sulit untuk dibangkitkan kembali?

VIDEO: Redmi 9T vs Samsung Galaxy A02s

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article