icon-category Film

Iqbaal Wajib Naikan Berat Badan dan Berkumis Main Film Bumi Manusia

  • 25 May 2018 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Sebagian orang mungkin saja kaget, kok bisa ya Iqbaal Ramadhan terpilih perankan Minke di film ‘Bumi Manusia’, film yang memvisualisasikan cerita novel tetralogy karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul sama.

Ya, kan dulu juga Iqbaal sempat diragukan aktingnya saat perankan Dilan di film Dilan 1990. Namun, kenyataannya berbalik 180 derajat, banyak malah yang ‘baper’ sama aktingnya.

Iqbaal juga mengaku punya beban yang sangat berat karena Bumi Manusia adalah karya epic. Lelaki 18 tahun ini berharap dengan dipilihnya dia menjadi Minke bisa jadi jembatan untuk para remaja agar tahu karya Pramoedya Ananta Toer.

Dan, selain itu, Iqbaal juga punya pekerjaan rumah yang harus disiapkan demi peran Minke, termasuk harus belajar Bahasa Belanda, Jawa, menaikkan berat badan sampai memelihara kumis.

“Oh iya ini PR banget, kalau kamu (Mawar) aku gak tahu ya. Kalau aku (belajar Bahasa) Belanda, Jawa, terus aku harus naikin berat badan, terus numbuhin kumis, bagaimana coba,” kata Iqbaal saat dijumpai di lokasi syuting di Desa Wisata Gamplong, Sumber Rahayu, Moyudan, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018).

Lalu, Iqbaal coba meminta masukan kepada awak media, bagaimana caranya agar bisa menumbuhkan kumis. Salah satu saran adalah pakai minyak kemiri.

Asal tahu saja gaes, setting cerita Bumi Manusia berada di awal abad 20. Jadi, saat itu kumis memang sedang tren di kalangan lelaki.

“Serius cuy, gue cobain deh (pakai kemiri). Ya kalau berfungsi sih kita cobain aja ya, entah pakai make up atau gimana,” kata dia.

 

Berat badan

Untuk menaikkan bobot tubuh, Iqbaal saat ini beratnya 60 kilogram. Kira-kira dia harus naik jadi 70 kilogram agar terlihat lebih padat fisiknya.

Bumi Manusia ditargetkan syuting pada bulan Juli mendatang. Kira-kira bisa gak ya, berat badan Iqbaal naik secepat itu?

“Bisa lah makan banyak, selama 1,5 bulan,” Iqbaal merasa yakin.

Nah, kalau Mawar Eva de Jongh (pemeran Annelies) justru sebaliknya, dia harus menurunkan berat badan. Padahal tubuhnya kelihatan sudah langsing baget lho.

Bintang lainnya yang meramaikan film ini adalah Ine Febrianti (pemeran Nyai Ontosoroh), Donny Damara (ayah Minke), dan Ayu Laksmi (ibu Minke).

Novel Bumi Manusia merupakan buku pertama dari Tetralogi Buru, yang telah dicetak dalam 43 bahasa di seluruh dunia.

Novel ini ditulis oleh Pramoedya ia mendekam di tahanan pulau Buru. Ia menggunakan kertas bekas bungkusan semen untuk menulis kisah Bumi Manusia, sebelum dituliskan pada tahun 1975.

Tahun 1980, novel ini sempat beredar bebas, hingga pada tanggal 29 Mei 1980 novel ini dilarang oleh Jaksa Agung di era Orde Baru.

Novel ini menceritakan kisah roman Minke, seorang pribumi di zaman kolonial Belanda, yang jatuh cinta kepada Annelies, anak blasteran seorang Belanda dengan seorang nyai bernama Nyai Ontosoroh. Ceritanya sendiri berlatar belakang Kebangkitan Nasional sekitar tahun 1890-1918.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini