icon-category Gadget

iQOO 12 Bebas Bloatware Gak Jelas, Dapat Update Sampai Android 17

Bagikan :

Uzone.id - iQOO 12 bakal jadi smartphone gaming yang menyuguhkan kinerja maksimal buat para gamer. Bukan saja karena mengusung spesifikasi ‘rata kanan’, iQOO 12 juga dijanjikan berjalan pada OS yang bebas bloatware mengganggu.

Berdasarkan postingan X (dulunya Twitter) dari tech enthusiast, Ishan Agarwal, iQOO mengumumkan kalau ponsel gaming terbarunya akan hadir dengan sistem operasi Funtouch OS 14 berbasis Android 14.

Sistem operasi baru pada iQOO 12 ini punya sejumlah kelebihan, dimana salah satunya bebas dari bloatware yang gak penting. Bloatware biasanya berjalan di background dan memenuhi ruang penyimpanan, sehingga berpengaruh pada performa ponsel secara keseluruhan.

alt-img

Dan Funtouch OS 14 pada iQOO 12 akan terbebas dari dua bloatware gak jelas, yakni Hot Apps dan Hot Games. 

Selain itu, iQOO 12 juga dipastikan akan mendapatkan update OS hingga tiga tahun ke depan, atau setidaknya sampai Android 17. Ponsel ini juga memenuhi syarat untuk menerima patch keamanan setidaknya sampai 4 tahun ke depan.

Spesifikasi iQOO 12

alt-img

iQOO 12 bakal jadi smartphone pertama di Indonesia dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 3. Ponsel ini didukung dengan RAM LPDDR5X sampai 16 GB, memori penyimpanan berjenis UFS 4.0 sampai 1 TB, dan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 120W.

iQOO 12 diracik berbeda dengan sebelumnya. Desainnya kian mewah, plus ponsel ini sudah mengantongi rating IP64 tahan air dan debu, lebih baik dari smartphone gaming lainnya.

Smartphone ini hadir dengan panel E7 LTPO AMOLED seluas 6,74 inci. Desain layarnya flat, menawarkan resolusi 1,5K dan mendukung refresh rate sampai 144Hz. Layarnya mengantongi sertifikasi HDR10, dan sudah disematkan sensor sidik jari di bawahnya.

iQOO 12 mengusung tiga kamera, terdiri dari kamera utama yang menggunakan sensor OmniVision OV50H 50 MP dengan dukungan OIS atau optical image stabilization.

Kemudian ada kamera ultrawide 50 MP dengan autofocus, sehingga pengguna bisa memotret dari jarak dekat menggunakan mode makro dengan kamera ini. 

Dan terakhir, sekaligus paling menarik, kamera periskop 64 MP dengan kemampuan 3x optical-zoom dan 100x digital-zoom, serta didukung oleh OIS. Sementara di depan, ada kamera 16 MP yang disematkan pada lubang kamera di tengah atas layar. 

Fitur lainnya, iQOO 12 sudah mendukung WiFi 7, NFC, IR Blaster, dan Bluetooth 5.4. Di China, iQOO 12 dibanderol dengan harga mulai Rp8,6 jutaan untuk varian 12/256 GB, Rp9,2 jutaan untuk tipe 16/512 GB, dan Rp10,1 jutaan untuk tipe 16 GB/1 TB.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini