home ×
Digilife

Isi Surat Terbuka Grandmaster Irene, Komentari Dewa Kipas dan Gotham Chess

16 March 2021 By
Isi Surat Terbuka Grandmaster Irene, Komentari Dewa Kipas dan Gotham Chess
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Masalah Dewa Kipas dan gamer catur Levy Rozman, atau yang dikenal dengan Gotham Chess, ternyata belum usai. Setelah menjadi perbincangan ramai para warganet beberapa waktu lalu, kini giliran Grandmaster Catur Wanita Indonesia yang angkat bicara.

Pada Senin, 15 Maret 2021, Irene Kharisma Sukandar yang merupakan pecatur Grandmaster wanita asal Indonesia dalam akun sosial media Twitter, melayangkan sebuah surat terbuka kepada YouTuber Deddy Corbuzier.

Tentu bukan tanpa alasan surat ini dikeluarkan oleh Irene, sebelumnya Deddy mengundang pemilik akun Dewa_Kipas alias Dadang Subur ke acara podcastnya. Dalam suratnya, Irene memberikan tanggapan perihal topik yang dibahas Deddy dan Dewa Kipas terkait insiden Dadang Subur dengan YouTuber GothanChess.

Baca juga: Orang Indonesia Kalahkan Gamer Catur Dunia, Berakhir Damai

“Saya tidak menyangka bahwa pemberitaan tentang GothamChess dan Dewa_Kipas akan sebesar ini.” tulis Irene. “Di satu sisi, tentu segala bentuk publikasi akan catur adalah suatu keuntungan bagi para insannya. Tapi, saya selalu memegang nilai-nilai kebenaran, jujur dan ksatria seperti makna permainan catur,” lanjut surat tersebut.

Irene merasa jika publik figure seperti dirinya dan Deddy memiliki peran penting dalam membentuk opini masyarakat. Apalagi terkait sebuah fakta yang seharusnya disampaikan dengan benar. Irene menilai dalam podcast tersebut, Deddy tidak memberikan informasi lengkap mengenai permasalahan ini sehingga masyarakat masih menuduh Chess.com dan GothamChess melakukan kesalahan.

Padahal kenyataannya, menurut keterangan pihak Chess.com, akun Dewa_Kipas diblokir karena sistem yang menunjukkan adanya indikasi kecurangan.

“Kejadian ini sudah merugikan banyak pihak dan kepopuleran yang didapat tidak sebanding dengan rasa malu saya dan teman-teman pecatur profesional lainnya di mata dunia percaturan internasional. Seakan-akan citra positif dan prestasi yang kami bangun susah payah untuk Tanah Air Indonesia yang saya cintai ini sirna karena dampak negatif dari pemberitaan yang berkembang,” lanjut isi surat tersebut.

Irene juga menyampaikan niat baiknya untuk mengajak Deddy meluruskan hal ini agar tidak ada imbas yang lebih dalam bagi para pecatur Indonesia.

Berikut isi surat terbuka dari Irene Kharisma dalam akun twitternya @Irene_Kusnandar yang sudah disukai lebih dari 10 ribu orang dan di retweet sebanyak 3 ribu kali.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article