icon-category Digilife

Istri Bantah John McAfee Bunuh Diri di Penjara

  • 29 Jun 2021 WIB
  • Bagikan :

    John McAfee (Foto: Instagram)

    Uzone.id - Janice McAfee, istri mendiang penemu antivirus McAfee, John McAfee, membantah suaminya itu bunuh diri di penjara dekat Barcelona, Spanyol.

    Dia malah menyalahkan pihak berwenang Amerika Serikat atas peristiwa ini setelah McAfee ditemukan tewas di sel pada 23 Juni 2021.

    Jelang akhir hayatnya, McAfee memang tersandung banyak masalah hukum. Dia pun sedang menunggu ekstradisi usai didakwa penggelapan pajak oleh pengadilan Amerika Serikat pada 2020.

    Janice berbicara kepada media di luar penjara pada Jumat (25/6), bahwa dirinya menuntut penyelidikan menyeluruh. Dia ingin "jawaban tentang bagaimana ini bisa terjadi."

    Penyebab kematian McAfee sedang diselidiki, kata juru bicara pengadilan Tinggi Catalonia, seperti dilansir Uzone.id dari CNN.

    BACA JUGA: Langganan TV Berbayar Ingin Nonton TV Digital? Tetap Perlu STP

    John McAfee (Foto: Instagram)

     

    Javier Villalba, pengacara Janice McAfee, mengatakan kepada media bahwa kliennya sedang menunggu otopsi resmi dilakukan.

    "Saya menyalahkan pihak berwenang AS atas tragedi ini. Karena tuduhan bermotif politik terhadapnya. Suami saya sekarang sudah meninggal," tutur Janice dalam sebuah pernyataan.

    "Kata-kata terakhirnya kepadaku adalah: Aku mencintaimu dan aku akan meneleponmu nanti malam," kata Janice.

    Dia menambahkan, "Dia tidak akan pernah berhenti dengan cara ini, dia tidak akan pernah mengambil nyawanya dengan cara ini, selamanya."

    McAfee ditangkap di Spanyol pada Oktober setelah didakwa di AS karena penggelapan pajak beberapa bulan sebelumnya.

    Dia diduga gagal mengajukan pajak selama empat tahun meskipun menghasilkan jutaan dolar antara 2014 dan 2018 dari hasil promosi mata uang kripto, pekerjaan konsultasi, ceramah, dan menjual hak atas kisah hidupnya untuk sebuah film dokumenter, menurut dokumen pengadilan.

    Para hakim Spanyol menyetujui ekstradisi McAfee untuk menghadapi dakwaan dugaan penggelapan pajak tahun 2016, 2017 dan 2018.

    John McAfee juga didakwa pada Maret 2021 atas tuduhan penipuan dan pencucian uang yang terpisah. Departemen Kehakiman AS menuduh dia dan mitra bisnisnya berpartisipasi dalam skema yang menghasilkan lebih dari USD13 juta atau sekitar Rp188 miliar (kurs Rp14.490) dengan mempromosikan mata uang kripto secara palsu kepada investor.

    *Depresi bukan tindakan sepele. Keinginan bunuh diri merupakan gangguan kesehatan mental. Kesehatan jiwa merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Jika semakin parah, disarankan untuk menghubungi dan berdiskusi dengan pihak terkait, seperti psikolog, psikiater, maupun klinik kesehatan jiwa. Atau hubungi komunitas Into the Light. Nomor 119 bisa digunakan untuk layanan psikologis dan panggilan ambulans. Apabila seseorang memiliki pemikiran bunuh diri, disarankan untuk segera mencari ke Puskesmas, Rumah Sakit, atau layanan kesehatan jiwa terdekat.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini