home ×
Auto

Isuzu Geram Panther Diisukan Bakal Mati

23 February 2020 By
Isuzu Geram Panther Diisukan Bakal Mati
Share
Share
Share
Share

Foto: Isuzu

Uzone.id - Para pecinta Isuzu Panther heboh ketika muncul isu Rajanya Diesel tersebut bakal stop produksi dan dianggap punah di Tanah Air. Apa tanggapan Isuzu terkait isu ini?

Sebelumnya, beredar foto soal kepunahan Isuzu Panther. Pertama, tampak seorang pekerja memegang sebuah papan yang bertuliskan 'Isuzu Panther terakhir keluar delivery, good bye, kwalitasmu tetap kujamin'.

Kemudian ada juga foto yang menunjukkan beberapa pekerja membentangkan sebuah banner yang bertuliskan 'End of Production Engine Model 4JA1-TBR54, Terima Kasih kepada seluruh Karyawan Atas support Produksi Engine 4JA1-TBR54, Total Produksi 345.900 Units'.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Xpander Facelift Diam-diam

Pihak Isuzu pun menampaikan apa yang sebenarnya terjadi pada Panther kedepannya dan menyayangkan ada pihak yang menyebarkan isu kurang sedap tersebut.

"Saat ini kami masih terus melakukan produksi dan internal kami sedang mencari yang ngepost, karena saat ini Panther masih terus diproduksi," ujar Cynthia Chacha Febrina, selaku Public Relations IAMI.

Jadi mereka masih memastikan kalau napas Isuzu Panther diperpanjang. Karena biar bavgaimanapun, maksimal tahun depan, kalau Isuzu gak merubah spesifikasi mesin Panther, maka si Raja Diesel ini memang harus punah.

Panther terkendala regulasi emisi yang mensyaratkan mobil-mobil bermesin diesel untuk mengusung standar emisi minimal Euro 4, sementara Panther, sejauh ini masih mengusung Euro 2.

Baca juga: Honda Jazz di Indonesia Pakai City Hatchback

Isuzu mengakui berat untuk meneruskan kelangsungan hidup Panther, karena untuk merubah spesifikasi mesin agar sesuai regulasi tidaklah mudah dan murah, sehingga secara skala ekonomi kurang menguntungkan.

"Pada saat ini masih terkendala dengan pengembangan mesin yang sesuai dengan peraturan Euro IV yang akan diimplementasikan tak lama lagi. Sebab, pengembangan mesin bukanlah investasi murah," ujar General Manager Marketing Division PT IAMI Attias Asril, beberapa waktu lalu.

Regulasi emisi tersebut juga yang ngebuat popularitas Panther meredup sehingga penjualannya terus menurun. Panther hanya terjual sebanyak 950 unit sepanjang 2018 dan pada Januari-September 2019 adalah 539 unit.

VIDEO Xpander Cross vs Suzuki XL7:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id