home ×
Digilife

Jadi CEO Google dan Alphabet, Segini Gaji Sundar Pichai

25 December 2019 By
Jadi CEO Google dan Alphabet, Segini Gaji Sundar Pichai
Share
Share
Share

 (Foto: dok. gadgets.ndtv.com)

Uzone.id -- Sosok Sundar Pichai selama ini dikenal sebagai CEO Google. Pria berdarah India ini belum lama mendapat promosi untuk turut memegang peran sebagai CEO Alphabet Inc, induk perusahaan Google, menggantikan Larry Page dan Sergey Brin.

Sebagai orang nomor satu yang memegang pucuk pimpinan dua raksasa teknologi, Pichai tentu punya tanggung jawab super besar. Gajinya pun turut melambung tinggi.

Bloomberg pun memaparkan gaji dan tunjangan yang diterima Pichai selama menjalankan peran ganda sebagai CEO Google dan Alphabet.

Pichai diberikan paket saham sebesar US$240 juta (setara Rp3,3 triliun) sebagai tambahan dari gaji tahunan US$2 juta (Rp27,9 miliar) yang berlaku pada 2020.

Baca juga: Larry Page dan Sergey Brin Mundur dari CEO Alphabet

Paket saham tersebut akan berkaitan dengan metrik performa kerja dan akan dibayarkan selama 3 tahun. Menurut Bloomberg, Pichai juga bisa mendapat tambahan US$90 juta saham Alphabet yang tertunda. 

Ini adalah pertama kalinya Alphabet memberikan tunjangan berupa saham yang berdasarkan performa kerja.

Dengan penghasilan fantastis tersebut, Pichai menjadi sosok eksekutif dengan gaji tertinggi di Silicon Valley. 

Pichai yang telah menjadi CEO Google sejak 2015 ini sebelumnya menghasilkan gaji US$1,8 juta (Rp25 miliar) pada tahun lalu. Dia juga menerima sejumlah paket saham selama satu dekade belakangan ini, termasuk US$250 juta pada 2014. Gara-gara paket saham yang dia dapatkan, kekayaan bersih Pichai mencapai US$1 miliar.

Baca juga: Ketika Netizen Serahkan Segalanya ke Mbah Google..

Sekadar diketahui, sebagai pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin memutuskan untuk mengatur dan memisahkan berbagai produk antara Google dengan yang lainnya. Maka, terciptalah Alphabet pada 2015.

Di Alphabet mereka bisa menjauhkan diri kesibukan sehari-hari menjalan perusahaan iklan dan mesin pencari dan fokus pada upaya dari kesibukan sehari-hari yang lebih menarik dan futuristik.

Nah, pada awal Desember kemarin, Page dan Brin mengumumkan bahwa mereka pensiun dari CEO Alphabet dan menunjuk Pichai sebagai penggantinya.

Page dan Brin tidak akan keluar sepenuhnya dari perusahaan, karena mereka akan tetap aktif terlibat sebagai anggota Dewan, pemegang saham, dan salah satu pendiri.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

8 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 16 January 2020 | 18:38:50

gaji nya cukup dah untuk sehari hari waduh

ALI YUSUF 13 January 2020 | 19:48:37

karirnya mantap nih bisa di contoh bagi yang mau

Alma Almaida 30 December 2019 | 09:30:02

pantas saja gaji yang sangat besar

Satria Kelana 26 December 2019 | 21:14:56

wah gaji yang diterima sangat besar sekali ya saya ikut bahagia

Andre Gui 26 December 2019 | 09:47:01

hebat sekali orang ini bisa memegang perusahaan sebesar google,, pasti besar kemampuan memimpin dia yg dipercaya sama pimpinan sebelumnya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id