home ×
Technology

Jadi Fitur Unggulan Wiko, Apa Sih Virtual SIM Card?

02 November 2018 By
Jadi Fitur Unggulan Wiko, Apa Sih Virtual SIM Card?
Share
Share
Share
Share

Wiko Tommy 3 Series tidak menjadi satu-satunya produk yang dikenalkan Wiko dalam acara peluncuran yang berlangsung baru-baru ini. Selain smartphone teranyar, perusahaan asal Perancis itu juga memperkenalkan teknologi Virtual SIM Card yang dimiliki Skyroam SIMO. Nah, apa sih sebenarnya virtual SIM Card ini?

Menurut Skyroam, virtual SIM Card adalah fitur jagoan yang dimiliki oleh perusahaan asal San Francisco, Amerika Serikat itu. Usianya sudah cukup lama. Dilansir dari laman resmi perusahaan, teknologi ini merupakan karya dari CEO dan Founder Skyroam, Jing Liu.

Jing Liu sendiri adalah seorang yang senang bepergian ke luar negeri. Selama perjalanan dirinya merasa jika belum menemukan jaringan WiFi yang handal dengan harga terjangkau.  Maka dari itu pada tahun 2008 ia membuat teknologi Virtual SIM dan mematenkannya.

“Jing mengembangkan dan mematenkan Virtual SIM Card pada tahun 2008 yang memungkinkan penerimaan data seluler di seluruh dunia melalui konektivitas lokal,” tulis pihak Skyroam.

Pada tahun 2011, Jing Liu meminjam dana US$ 4 miliar atau Rp 60 ribu triliun dari perusahaan modal ventura GSR. Dua tahun kemudian Skyroam pun meluncurkan Virtual SIM Card, yang hingga kini koneksinya terus bertambah.

Pada pemaparannya di Jakarta, Jing Liu mengatakan jika Virtual SIM Card miliknya telah terhubung dengan 300 jaringan di 135 negara selama 10 tahun sejak peluncurannya, dan sudah melayani lebih dari 10 juta pengguna.

“Skyroam telah melayani lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia,” ucap Jing Liu di Jakarta, Kamis (01/11).

Pada Juni 2018 lalu SIMO Holdings Inc selaku perusahaan induk dari Skyroam mengajukan gugatan terhadap  UCloudLink Network Technology Limited Amerika, yang diberi nama merek GlocalMe di Pengadilan.

Dilansir Telset.id dari  Businesswire pihak SIMO menuduh UCloudLink melanggar kekayaan intelektual SIMO dengan menjual perangkat hotspot WiFi-nya yang secara perangkat mirip dengan teknologi Virtual SIM Card. Hingga kini pihak pengadilan pun belum memutuskan akhir dari gugatan tersebut.

Favorit Para Traveler

Secara global Skyroam merupakan layanan internet yang memberikan layanan internet maksimal kepada Anda yang suka jalan-jalan atau traveler.

Skyroam sendiri memiliki produk bernama Skyroam Solis. Dilansir Telset.id dari The Gadgeteer, pada Jumat (02/10) ini adalah WiFi Portable 4G LTE  yang menggunakan jaringan global dari banyak negara.

“WiFi global milik Skyroam yang menggunakan layanan SIM Lokal dari sekitar 200 operator dan menawarkan pengalaman WiFi mobile yang mulus bagi wisatawan dunia,” tulis The Gadgeteer.

Melalui teknologi Virtual SIM Card, Skyroam Polis akan mencari koneksi terkuat yang ada di sekitar sehingga Anda tidak perlu mengubah paket nirkabel atau biaya roaming ketika bepergian.

Produk tersebut berbentuk seperti bola pipih dalam olahraga hoki es dengan warna oranye yang dominan. Mirip dengan modem lainnya, Skyroam Polis memiliki kemampuan terkoneksi dengan 5 perangkat sehingga ketika Skyroam Polis aktif, Anda bisa menghubungkannya dengan smartphone ataupun laptop.

Adapun tarif yang diberikan oleh Skyroam adalah US$ 9 per-hari atau Rp 135.441 bisa menikmati internet tanpa batas. Skyroam sendiri dijual dengan harga US$ 149,9 atau Rp 2,2 juta.

Inovasi Baru Wiko

Istilah Virtual SIM Card sendiri menjadi perbincangan ketika Wiko meluncurkan smartphone terbarunya baru-baru ini. Pasalnya, perusahaan asal perancis itu mengklaim telah menanamkan secara khusus Virtual SIM Card di badan Wiko Tommy 3 Series miliknya.

“Tommy 3 Series adalah satu-satunya smartphone yang ditanam supaya konsumen Indonesia dapat sinyal terbaik dimana saja,” ucap CEO WIKO Indonesia Taufik Syahbuddi di Kuningan, Jakarta Kamis (01/11).

Wiko Tommy 3 Series sendiri terdiri dari Smartphone Wiko Tommy 3 dan Wiko Tommy 3 Plus. Keduanya sama-sama memiliki fitur virtual sim card dan dibandrol dengan harga masing-masing Rp 999.000 dan Rp 1.499.000.

Menurut Taufik, dengan harga yang ditawarkan dan fitur virtual SIM Card yang dibawanya Wiko Tommy 3 Series diharapkan bisa laku dipasaran. “Kami yakin Wiko Tommy 3 Series akan laris manis, terlebih jika melihat spesifikasi dan teknologi yang dimilikinya terbaik dan terunggul di segmennya,” ucapnya.

Pada acara peluncuran, Adi Kusumo selaku Product Manager Wiko Indonesia mengatakan bahwa inovasi Wiko ini terinspirasi dari perilaku anak muda Indonesia yang tidak bisa lepas dari aktivitas di dunia maya.

“Iya lebih ke anak muda, generasi milenial dan di Perancis juga suksesnya di kalangan anak muda,” ucap Adi.

Inovasi dari Wiko ini cukup menarik karena jika Wiko laku di pasaran, maka bukannya tidak mungkin vendor lain juga akan mengadopsi teknologi yang sama untuk koneksi internet yang lebih kuat dan luas. Sebagai catatan,  produk Skyroam ini hanya dimiliki di smartphone Wiko dan tidak bisa diunduh secara bebas. [NM/IF]

Artikel Jadi Fitur Unggulan Wiko, Apa Sih Virtual SIM Card? dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id