home ×
Telco

Jaga Sinyal Stabil Saat Banjir, Operator Seluler Diapresiasi Menkominfo

27 February 2020 By
Jaga Sinyal Stabil Saat Banjir, Operator Seluler Diapresiasi Menkominfo
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi. Foto: dok. Telkomsel)

Uzone.id -- Bencana banjir yang melanda daerah Jabotabek pada Selasa kemarin (25/2) akibat curah hujan yang deras semalaman memang berdampak pada kondisi telekomunikasi. Namun, kondisi ini dinilai gak terlalu buruk akibat sigapnya para perusahaan operator seluler.

Para perusahaan telekomunikasi besar seperti Telkomsel, XL Axiata, Smartfren Telecom, dan Indosat Ooredoo kompak mengatakan bahwa menara BTS mereka sempat terendam banjir dan mati karena listriknya yang terpaksa padam. 

Kendati begitu, keempatnya langsung gerak cepat untuk tetap menjaga kestabilan jaringan seluler selama banjir. Hal ini yang diapresiasi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate.

Baca juga: Smartfren Beberkan Soal 5G di Indonesia, Mulai dari Tarif Hingga Hambatan Virus Corona

“Ada dampak terhadap base station mereka. Sekitar 2,8 persen BTS kita down. Jadi kurang lebih ada 500 seklain lah, karena banjir listriknya tidak bisa hidup,” ungkap Johnny kepada awak media usai jumpa pers di Jakarta, Rabu (26/2).

Dia melanjutkan, “tapi 97,2 persennya berjalan normal, kenapa bisa dilakukan? Karena operator seluler menggerakkan mobile genset, pasang mobile BTS juga untuk membantu kestabilan jaringan.”

Menurut Johnny, inisiatif dan keputusan para perusahaan operator seluler kemarin itu sudah belajar dari pengalaman banjir sebelumnya, sehingga semuanya dijalankan secara cepat.

Baca juga: BTS Kena Imbas Banjir, 4 Operator Seluler Pastikan Sinyal Tetap Stabil

“Karena pengalaman sebelumnya ya, yang sekarang cepat sekali, tidak perlu saya minta bahkan, mereka sudah melakukan itu. Saya berterima kasih kepada operator seluler yang memperhatikan pelayanan publik,” tutur Johnny lagi.

Bencana banjir kemarin memang mendorong para perusahaan operator untuk mengerahkan battery cadangan untuk menghidupkan mobile BTS mereka masing-masing demi menjaga kestabilan jaringan atau sinyal seluler mereka.

Meski BTS banyak yang padam akibat listrik yang mati, jaringan telekomunikasi bisa berangsur pulih pada hari Selasa kemarin, tidak sampai ada gangguan yang berlebihan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

8 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Pradana 28 May 2020 | 02:01:39

alhamdulillah sudah belajar dari pengalaman sebelumnya

DimasHardstyle 16 April 2020 | 14:19:52

keren banget. walaupun diterjang banjir. sinyal harus tetap stabil untuk info online secara realtime

DHStyle 14 April 2020 | 21:24:13

walaupun banjir. harus fokus dengan jaringan sinyal internet nya yaa

Rifki Nadirin 06 March 2020 | 11:46:04

ku acungin jempol dah

pejuang 02 March 2020 | 09:42:22

karena sinyal stabil itu sangat di perlukan oleh warga

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article