icon-category Auto

Jakarta Auto Week 2022: Daftar Pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia

  • 14 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Toyota GR Yaris untuk tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Toyota Gazoo Racing sebetulnya terbentuk dari sekumpulan karyawan Toyota yang punya passion dan rasa cinta yang tinggi terhadap motorsport.

    Akhirnya, Toyota Gazoo Racing pun aktif berpartisipasi dan meraih prestasi di berbagai ajang motorsport dunia yang bergengsi seperti WRC, WEC dan Dakar Rally.

    Kehadiran tim ini, tujuan utamanya tak cuma menguatkan skill dan insting dalam menghadirkan mobil-mobil terbaik, namun untuk membuat semua orang di dunia dapat merasakan pengalaman luar biasa yang mereka dapatkan dari ajang motorsport dunia.

    BACA JUGA: Jakarta Auto Week 2022: Toyota Hadirkan Corolla Altis Hybrid 

    Toyota Gazoo Racing Indonesia pun resmi diperkenalkan Toyota pada Sabtu (13/3/2022) di Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2022 di JCC Senayan.

    "Diharapkan tidak hanya akan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan motorsport di Indonesia, tapi juga menghadirkan Joy of GR bagi seluruh orang Indonesia,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.

    Toyota GR Agya untuk tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id) 

    Toyota Gazoo sendiri diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2021, dengan 8 line-up Gazoo Racing (GR) mulai dari GR Supra, GR Yaris, hingga All New Land Cruiser GR Sport dan model GR Sport lainnya, mampu memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang berjiwa sporty.

    Terutama, 6 line-up model GR Sport yang rata-rata komposisi penjualan tipe GR-nya berada di level 77 persen. Bahkan di beberapa model, sangat mendominasi dengan rata-rata komposisi penjualan lebih dari 90 persen.

    "Bersama tim Toyota Gazoo Racing Indonesia, kami akan mengaplikasikan apa yang kami pelajari ajang motorsport untuk menghadirkan lebih banyak lagi ever-better cars, khususnya model-model baru pada line-up GAZOO Racing kami ke depannya,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

    Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia

    Di musim 2022, tim TGRI akan berpartisipasi di beberapa ajang motorsport bergengsi di Indonesia dengan mobil baru, pembalap baru dan kejuaraan baru.

    Di ajang touring car ISSOM, TGRI akan kembali menampilkan dua pembalap andalan yaitu Demas Agil dan Jordan Johan.

    Demas yang di dukung oleh Yaris GR Sport akan berkompetisi di Kejurnas ITCR Max 1.600, sementara Jordan akan berkompetisi di Kejurnas ITCR 1.200 menggunakan Agya GR Sport.

    Keduanya diharapakan diharapkan dapat meraih gelar juara nasional di kedua Kejurnas tersebut.

    Sementara di ajang slalom, TGRI akan berkompetisi di kelas A dan A3, di Kejurnas F (modifikasi), Kejurnas Wanita dan Kejurnas Tandem, bersama pembalap professional Adrianza Yunial, Anjasara Wahyu, Herdiko Setyaputra, dan Alinka Hardianti.

    BACA JUGA: Jakarta Auto Week 2022: Toyota Hadirkan Corolla Altis Hybrid

    Khusus untuk slalom, target utama TGRI adalah untuk mempertahankan gelar juara nasional yang di raih tahun lalu di 3 kejurnas sekaligus yaitu Kejurnas F (modifikasi), Kejurnas Wanita dan Kejurnas Tandem.

    Terbaru, di musim 2022 TGRI akan turun di salah satu cabang balap yang merupakan ajang balap flagship bagi Toyota Gazoo Racing, yaitu rally.

    Bersama pembalap baru yaitu Ryan Nirwan dan Adi Indiarto, TGRI akan berkompetisi di ajang Sprint Rally di kelas All-Wheel Drive (AWD) menggunakan GR Yaris.

    Selain itu, Toyota juga akan kembali menghadirkan kompetisi e-Motorsport Toiyota Gazoo Racing GT Cup 2022, untuk semakin mempopulerkan cabang olahraga e-Sport di Indonesia, sekaligus memberikan kesempatan kepada atlet e-Sport Indonesia untuk berkompetisi dan mengharumkan nama Indonesia di tingkat regional, bahkan global.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini