icon-category Auto

Jakarta Auto Week: KIA Sportage Bakal Dijual di Indonesia?

  • 15 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    All New KIA Sportage tampil di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Selain KIA Carens yang diboyong PT Kreta Indo Artha (KIA) di ajang pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022, ternyata ada kejutan lain yang tampak di booth KIA, yakni All New KIA Sportage generasi ke-5.

    Di Korea Selatan sendiri, KIA Sportage menawarkan dua pilihan mesin, yakni 1.6L T-GDI yang dipasangkan dengan transmisi otomatis dual-clutch 7-percepatan atau manual 6-percepatan yang menggerakkan roda depan. Mesin tersebut bisa menyemburkan tenaga 178 PS dan torsi 264 Nm.

    Pilihan lainnya ada mesin diesel Variable Geometry Turbo (VGT) 2.0L 4-silinder yang bisa menyemburkan tenaga 184 PS dan torsi 417 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

    Selain itu, tersedia juga opsi mesin hybrid dan plug-in hybrid atau PHEV.

    BACA JUGA: Wajib Tahu, 28 Gerbang Tol di Jakarta Kena Ganjil Genap

    Tentu saja, jika kehadiran KIA Sportage akan mengganggu keberadaan Honda CR-V dan Hyundai Santa Fe. Sayangnya, KIA Sportage belum bisa dipastikan kapan resmi masuk pasar Indonesia.

    "Rencana selalu ada. Untuk kapannya ditunggu saja," jawab Aryo Surjo, Marketing and Development Division Head PT KIA, saat dikonfirmasi Uzone.id, Selasa (15/3).

    Berbeda dengan Indonesia, Paultan.com telah melaporkan bahwa Sportage generasi ke-5 ini akan dirakit lokal atau CKD di pabrik Inokom di Kulim, Kedah, Malaysia pada tahun 2023 dengan powertrain konvensional dan elektrifikasi.

    BACA JUGA: Rute Parade MotoGP di Jakarta Sudah Ada, Cek di Sini

    KIA Malaysia punya target memproduksi 100 ribu unit untuk empat model, termasuk Sportage, Carnival, Sorento dan Niro dalam lima tahun ke depan.

    Pada Juni 2021, KIA merilis gambar pertama Sportage generasi kelima, yang memakai filosofi desain Opposites United.

    Di bagian depan menampilkan iterasi terbaru dari desain gril Tiger Nose, yang kini dilengkapi dengan DRL LED boomerang-shape yang memiliki garis batas untuk lampu depan.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini