icon-category Technology

Jakarta Mulai Kondusif, Pembatasan Akses Medsos Kapan Berakhir?

  • 23 May 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Ilustrasi)

    Uzone.id -- Aksi rusuh di Jakarta pada Rabu (22/5) akhirnya sudah mulai surut per hari ini, Kamis (23/5). Aktivitas masyarakat sudah mulai produktif seperti biasa dan kelancaran transportasi umum juga kembali normal.

    Namun, masih ada satu hal yang ‘mengganjal’. Kelancaran berkirim pesan gambar dan video via aplikasi WhatsApp hingga memuat serta mengunggah foto dan video di sejumlah media sosial seperti Facebook dan Instagram juga masih lemot.

    Hal ini menandakan pembatasan akses media sosial yang diberlakukan pemerintah melalui operator-operator besar di Indonesia masih berjalan seperti Rabu kemarin.

    Baca juga: Fitur Medsos Dibatasi, Rudiantara: Kami Mohon Maaf

    Lantas mau sampai kapan pembatasan akses ini dijalankan?

    “Kemarin memang Pak Wiranto bilang kemungkinan bisa sampai 2 sampai 3 hari, namun waktunya memang masih bisa berubah-ubah,” ucap Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu saat dihubungi Uzone.id pada Kamis (23/5).

    Meski begitu, pria yang akrab disapa Nando itu mengatakan hari ini akan diberlakukan evaluasi.

    “Nanti sore mungkin akan kita lakukan evaluasi mengenai pembatasan akses ini. Karena hari ini Jakarta sudah kembali kondusif ya, sudah mulai tenang seperti biasa. Jika saat evaluasi ternyata sudah bisa dicabut pembatasannya, ya nanti kita umumkan segera,” tutup Nando.

    Baca juga: Medsos Dibatasi Demi Perangi Hoaks, Efektif?

    Sekadar diketahui, Menkominfo Rudiantara mengatakan pembatasan akses medsos ini bertujuan untuk mencegah penyebaran informasi hoaks terkait peristiwa unjuk rasa 22 Mei yang menolak hasil Pilpres 2019.

    Selain itu, Rudiantara juga meyakini ini adalah solusi lain untuk menghindari dampak negatif dari penyebarluasan konten dan pesan berisi provokasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini