icon-category Travel

Jakarta Sepi saat Idul Fitri, Bule Ini Makan dan Tidur di Jalanan

  • 17 Jun 2018 WIB
Bagikan :

DKI Jakarta dikenal sebagai salah satu kota dunia yang sibuk sekaligus memunyai tingkat kemacetan arus lalu lintas terbilang tinggi.

Laporan Global Power City Index (GPCI) tahun 2017 misalnya, menempatkan Jakarta sebagai kota termacet ke-41 di dunia.

Menurut laporan tersebut, kemacetan arus lalu lintas di ibu kota Indonesia ini lebih parah daripada Mumbai, India, yang menempati posisi ke-42.

Namun, kemacetan di Jakarta itu seringkali tidak tampak ketika masa liburan Idul Fitri. Seperti yang terjadi pada masa liburan lebaran 1439 Hijriah, Juni 2018 ini.

Bahkan, situasi lengang sudah tampak di Jakarta sejak hari pertama cuti bersama lebaran, yakni Senin (11/6) pekan ini.

Situasi itu pula yang terekam melalui kamera warga, yang disebarluaskan laman Seasia.co. Lewat laman komunitas Facebook, Seasia mengunggah sejumlah foto orang-orang yang melakukan aktivitas di tengah jalan raya Jakarta.

"Kemacetan di jalanan Jakarta yang legendaris itu tiba-tiba menghilang selama musim libur Idul Fitri. Jalanan di kota itu luar biasa kosong. Pemandangan ini hanya terjadi pada saat liburan lebaran, menjadikannya waktu yang tepat untuk eksplorasi dan ekspresi," tulis Seasia sebagai keterangan foto.

Aktivitas-aktivitas itu mustahil dilakukan pada hari-hari biasa di Jakarta. Misalnya, bersolek di tengah jalan, kamping, sampai tidur-tiduran.

Uniknya lagi, Seasia mengunggah foto sejumlah orang asing yang turut menikmati suasana lenang jalanan Jakarta pada masa lebaran.

Berikut foto-foto tersebut:

Santai di tengah Jalan

Tidur di tengah jalan

Piknik di tengah jalan

Kamping di jalan layang

Masak di tengah jalan

Mencuci di tengah jalan

 

 

Berita Terkait:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini