home ×
Auto

Jalan Berliku Joan Mir Merebut Juara Dunia MotoGP 2020

17 November 2020 By
Jalan Berliku Joan Mir Merebut Juara Dunia MotoGP 2020
Share
Share
Share
Share

Joan Mir (Foto: Instagram @joanmir36official)

Uzone.id - Pembalap Suzuki Ecstar Team, Joan Mir, akhirnya merebut gelar Juara Dunia MotoGp 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (15/11/2020) malam, setelah mendapat enam podium dan satu kemenangan di GP Eropa.

Joan Mir unggul 37 poin untuk mengambil dua poin di Valencia dan tidak ada yang bisa menggoyahkan pebalap Suzuki itu.

Posisi ketujuh dipertahankan hingga tikungan terakhir untuk memastikan dia mendapat mahkota.

Jalan Mir menuju kejayaan dimulai di Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2013, di mana ia naik podium sebagai rookie, sebelum 2014 pria asal Mallorca, Spanyol, itu mengakhiri tahun kedua secara keseluruhan setelah mendapat beberapa kemenangan.

BACA JUGA: Honda PCX 157cc eSP+ Meluncur 2021

Pada 2015, satu musim penuh di Kejuaraan Dunia Junior Moto3 FIM, Mir berada di urutan keempat secara keseluruhan namun meraih empat kemenangan dan tiga podium saat berjuang untuk gelar sampai akhir.

Masih di 2015, Mir debut di Kejuaraan Dunia Moto3 denga kualifikasi di urutan ke-15 dan kemudian berjuang untuk posisi keenam. Mir meskipun tersingkir namun sudah membuat kesan.

Mir bergabung dengan Moto3 secara penuh untuk tahun 2016 dan langsung mengesankan. Mendapat lima besar dalam balapan Moto3 ketiganya dan kemudian kemenangan pertama di Austria membuat dia mengakhiri tahun kelima secara keseluruhan dan mendapat Rookie of The Year.

Itu membuat Mir menjadi kandidat terkuat untuk gelar pada tahun berikutnya dan dia tidak mengecewakan, pada tahun 2017 mengambil dua kemenangan pertama musim itu.

Lebih banyak kemenangan di Le Mans dan Catalunya mengawali kemenangan berturut-turut di Jerman, Chechia dan Austria, sebelum kemenangan lainnya di Aragon menjadi peluru bagi Mir merebut mahkota di Motegi.

Namun, Mir gagal mencetak kemenangan untuk pertama kalinya sepanjang musim, namun di Phillip Island dia bangkit kembali.

Mir tak terkalahkan dan meraih kemenangan kesembilan dan meraih mahkota sehingga menjadi Juara Dunia Moto3 2017.

Mir kemudian pindah ke Moto2 dengan tim EG 0,0 Marc VDS. Sebagai rookie di kelas menengah, pembalap Spanyol itu terus tampil mengesankan dengan meraih empat podium dan mengakhiri musim di posisi keenam.

Prestasi Mir dilirik Suzuki hingga menawarinya kursi di MotoGP untuk tahun berikutnya. Mir pun diterima dan bergabung dengan kelas premier tahun 2019.

Pertama kali tampil di Qatar dengan nomor 36, Mir tampil mengesankan saat debut dengan mengambil posisi ke-8. Di Mugello, Mir kembali mengumpulkan poin di urutan ke-12, dan di Catalunya dia mengambil posisi keenam. Namun, berakhir di Brno dengan kecelakaan dan sebelumnya Mir juga jatuh pada tes pasca-balapan di Republik Ceko sehingga tidak terlibat di GP Austria dan Inggris.

Sekembalinya di Misano, Mir mulai mencetak kemenangan lagi.

Dalam pengujian pramusim 2020, Mir - dan Suzuki - berbicara banyak ketika pabrikan Hamamatsu menunjukkan kinerja yang mengesankan. Namun, Mir tersingkir di GP Spanyol.

Berikutnya, Mir mengambil posisi kelima untuk mendapatkan beberapa poin, namun di Brno merusak harapan dia mendapat gelar.

Namun, di Austria dan seterusnya, Mir mendapat keberuntungan. Podium pertama MotoGP berada di posisi kedua mengawali GP Stryan.

Mir mendapat tiga podium berturut-turut di San Marino, Emilia Romagna dan Catalan.

Bersama rival utama Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP), Mir berjuang di 10 besar dan dia bisa berada di depan.

Mir berikutnya memimpin Kejuaraan Dunia dan tiba di Gran Premio de Europa sebagai kandidat kuat untuk mendapat gelar juara dunia.

Nasib Mir begitu mujur ketika kelas utama menuju balapan di Valencia, untuk pertama kalinya pada tahun 2020 ketika Mir melakukan tugasnya dengan baik untuk mengambil 25 poin dan trofi kemenangan MotoGP, hingga dia unggul 37 poin menjelang akhir pekan balapan terakhir musim ini.

Dalam merebut juara dunia begitu sulit ketika ia lolos ke posisi ke-12, dia segera masuk ke-10 besar dan kemudian 8 besar. Mir butuh beberapa poin saja, dan dia tetap tenang untuk mengumpulkan poin.

Mir pun mengambil posisi ketujuh hingga dia dinobatkan sebagai Juara Dunia MotoGP 2020. (MotoGP)

 

VIDEO Kia Sonet First Impresssion, Gak Percaya Harganya Dibawah Rp300 Juta!

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article