icon-category Auto

Jangan Asal, Ikuti Hal Ini Sebelum Pakai Power Charger di Motor

  • 14 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Teknologi pada sepeda motor semakin hari semakin berkembang, terutama dari segi fitur yang ditawarkan ke konsumen. Motor keluaran terbaru saat ini banyak dibekali fitur yang memudahkan para pengguna sepeda motor.

Salah satu fiturnya yang memudahkan pengguna sepeda motor adalah power charger atau power outlet. Fitur ini merupakan sumber tenaga listrik yang memungkinkan pengendara untuk dapat mengisi daya baterai smartphone.

Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora mengatakan fitur tersebut menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi. Di sisi lain, penggunaan smartphone juga memiliki intensitas yang tinggi.

“Saat ini banyak tipe motor regular dan premium Honda yang sudah dilengkapi dengan fitur power charger diantarany Honda BeAT, Genio, Scoopy, New Vario 125, Vario 160, ADV160, dan PCX 160,” ujar Ade.

alt-img

Meski memudahkan, penggunaannya tidak bisa asal. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan power charger:

1. Gunakanlah Perangkat Charger Original

Perangkat charger seperti kepala charger dan kabel yang berkualitas memiliki material yang telah lulus uji standar keamanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya masalah seperti seperti meleleh dan korsleting.

2. Pastikan Smartphone Dalam Keadaan Mati

Pengisian baterai dalam kondisi smartphone menyala dapat mengakibatkan panas berlebih pada smartphone.

3. Pastikan Mesin Sepeda Motor Dalam Keadaan Menyala

Ketika menggunakan power charger, mesin sepeda motor harus dalam keadaan menyala agar daya baterai atau aki motor tidak melemah. Dengan kondisi mesin menyala, daya aki sepeda motor akan tetap terjaga sehingga kinerjanya tetap optimal.

4. Dilarang menggunakan Port Charger Pararel

Penggunaan port charger paralel (lebih dari satu lubang) dapat menimbulkan masalah karena membuat aki sepeda motor bekerja lebih keras saat kedua port nya digunakan. Jika itu terjadi, suhu di dalam bagasi akan lebih panas dan berpotensi menimbulkan masalah pada sisi safety.

5. Periksa Bagasi Sebelum Meninggalkan Sepeda Motor

Pemeriksaan bagasi sebelum meninggalkan sepeda motor bertujuan agar tak ada perangkat elektronik yang tertinggal. Suhu bagasi yang panas berpotensi menimbulkan masalah kerusakan smartphone, apalagi sepeda motor terparkir di tempat terbuka di siang hari.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini