home ×
Auto

Jangan Biarkan Tangki BBM Kosong, Pompa BBM Bisa Jebol!

15 September 2021 By
Jangan Biarkan Tangki BBM Kosong, Pompa BBM Bisa Jebol!
Share
Share
Share
Share

Foto: Bagja - Uzone.id

Uzone.id - Seringnya mobil nganggur di rumah ketimbang jalan setiap hari membut isi tangki BBM kerap tersisa sedikit atau bahkan kosong. Toh, kita jarang bepergian, ngapain juga isi BBM.

Tapi pemikiran dan kondisi tersebut ternyata gak bisa disepelekan, karena membiarkan tangki BBM kosong dalam waktu yang lama justru bisa merusak.

Rifat Sungkar, Perally dan pakar otomotif nasional coba berbagi pengetahuan tentang bagaimana kita memperlakukan tangki BBM mobil kita saat sering tidak digunakan.

Baca juga: Nyobain Beli Online Motor Listrik Lokal, United T1800

Menurutnya, tangki bahan bakar yang sering kosong bisa membuat mesin kendaraan cepat rusak. Sebab, ada debu-debu atau kotoran di sekitar tangki yang kemudian tersedot fuel pump.

“Jadi yang akan terjadi, fuel pump itu kan selalu menyedot bahan bakar menuju mesin. Nah, kalau mobil diam, bensin stabil. Kalau bergerak, ada pergeseran isi tangki,” ujar Rifat.

Ketika pompa BBM kotor dan tersendar, Rifat mengatakan hanya butuh sekian detik untuk membuat pompa BBM tersebut overheat. "Makanya, enggak disarankan (tangki kosong). Selain itu bisa juga menyedot kotoran di bawah tangki,” tutupnya.

VIDEO Jakarta Kota Paling Bikin Stress Saat Nyetir!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id