Auto

Jangan Menyimpan Korek Gas di Kabin Mobil

  • 09 November 2016
  • Bagikan :


    Salah satu kebiasaan buruk perokok yang membawa mobil, yaitu menyimpan korek gasnya di dalam kabin. Padahal efeknya cukup buruk, yaitu bisa meledak dan menyebabkan mobil terbakar.

    Meski kejadian seperti itu jarang, tetapi tidak ada salahnya pengguna mobil tidak menyimpan dan meninggalkan korek gas di kabin. Apalagi, tempat parkirnya langsung berhadapan langsung dengan sinar matahari.

    "Faktor lain mobil terbakar, salah satunya karena meninggalkan korek api gas di kabin," kata Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada Otomania, Selasa (8/11/2016).

    Korek gas yang ditinggalkan begitu saja di kabin, lanjut Anjar bisa meledak. Selain karena panas sinar matahari, suhu kabin juga mempengaruhi, sehingga memicu gas yang ada di dalam korek itu meledak.

    "Kalau mobil jalan, beda lagi. Kemungkinannya kecil, karena suhu kabin terjaga oleh AC dan angin. Beda dengan meninggalkannya ketika parkir di siang hari, suhunya panas di dalam," ujar Anjar.

    Nah, bagi yang sering menyimpan korek gas di kabin mobil sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk itu demi menjaga keamanan dan keselamatan.

    Penulis: Aditya Maulana
    Editor: Azwar Ferdian
    Copyright Kompas.com