Auto

Jangan Salah, Mobil Jarang Dipakai Justru Gampang Rusak

  • 04 March 2019
  • Bagikan :

    Uzone.id - Banyak yang salah kaprah soal mobil yang jarang dipakai itu pasti masih gress, masih seger, sehingga kalau berburu mobil baru tapi tahun produksi lama, atau mobil bekas, biasanya yang ditonjolkan adalah “kilometer rendah”.

    Tapi, apakah benar mobil yang jarang pakai itu kondisinya bagus? Ternyata enggak juga, malah sebaliknya, hati-hati terhadap mobil yang jarang dipakai.

    Baiknya, melihat mobil itu bagus atau enggak bukan dari seberapa sering dia dipakai, tapi bagaimana perawatannya.

    Tonton video tes konsumsi BBM Honda Mobilio Keliling Jakarta

    Anggapan mobil lebih awet bila jarang digunakan itu salah, karena kalau enggak dicek-cek kondisnya dan gak pernah dirawat, cuma dibiarin ngejogrog di garasi ya pasti bermasalah.

    Beberapa penyakit mobil yang jarang dipakai bakal mengintai, mau tau apa aja?

    Paling sering ditemui adalah aki yang pasti jadi gampang lemah, karena ketika mobil jarang dipakai, siklus pengisian ulang ketika mesin dihidupkan dan diajak jalan.

    Kemudian kaki-kaki, terutama ban. Ketika dibiarkan berdiam diri pada satu posisi, ngebuat tekanan udaranya berkurang dan bukan gak mungkin sampai kempis. 

    Nah, ketika sudah kempis dan terus terkena tekanan, bagian ban tersebut akan berubah bentuk, sehingga bulatannya jadi tidak sempurna. Gak jarang, ngebuat ban benjol dan bergetar kalau digunakan.

    Selain itu, rem juga bisa mengunci, terutama rem belakang, dimana tuas rem tangan berfungsi. Jadi, kalau mobil terparkir dan tuas rem tangan diaktifkan, otomatis kampas rem akan terus menjepit piringan cakram secara statis.

    Parahnya, terutama di musim hujan, ketika mobil sebelumnya digunakan dalam kondisi basah dan dibiarkan berdiam lama, antara piringan cakram dan kampas rem akan terjadi karat yang bisa mengunci.

    Memang gak sulit untuk melepasnya, tinggal dipaksa dengan cara digas. Namun, permukaan cakram dan kampas rem tetap berpotensi luka.

    Nah, jadi intinya, jangan lagi salah kaprah ketika berburu mobil nyarinya yang kilometer rendah atau jarang dipakai, lebih baik fokus mencari tau bagaimana perawatannya.

    Tonton video komparasi Honda Brio vs Suzuki Ignis: