Auto

Jangan Sembarang Modifikasi Pelek Mobil

  • 11 September 2016
  • Bagikan :


    Mengubah pelek sah-sah saja untuk dilakukan demi tampilan mobil. Meski demikian tetap harus ada perhitungan yang matang, minimal saat akan melakukan perubahan tetap harus memperhatikan efek kenyamanan serta keselamatan saat berkendara.

    Fendy dari toko pelek aftermarket Stance Motor Sport mengatakan umumnya pada penggantian pelek, tetap akan terjadi sesuatu yang berubah, baik dari sisi teknis maupun sensasi berkendara.

    "Di satu sisi bisa bikin mobil tampil beda, tapi di sisi lain pasti ada yang berubah, apalagi pelek yang diganti beda dimensi dan spesifikasi," ucap Fendy kepada Otomania, Kamis, (7/9/2016).

    Menurutnya, salah satu perubahan yang paling kental dan sering terjadi adalah handling berkendara. Hal ini diakui Fendy relatif, ada yang ternyata lebih enak, ada juga yang justru sebaliknya.

    Fendy menyarankan untuk pergantian pelek, pemilik mobil harus siap menerima konsekuensinya. Saat mengganti pelek, pemilik mobil juga harus menyesuaikan spesifikasi kendaraannya.

    "Misalnya mobil sedan tapi ingin pakai pelek model SUV, secara spek saja sudah pasti beda. Perubahan pelek yang tidak ideal bisa berakibat fatal, mulai dari unsur kestabilan yang hilang sampai kerusakan pada komponen kaki-kaki," kata Fendy.

    Penulis: Stanly Ravel
    Editor: Agung Kurniawan


    Copyright Kompas.com