icon-category Auto

Jangan Sepelekan, Bagian Ini Harus Dicek Setelah Kecelakaan Motor

  • 31 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Berkendara sepeda motor tentunya tak lepas dari berbagai potensi bahaya di jalan raya yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa dapat diduga, oleh karenanya perlunya menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap.

Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) sebagai main dealer Honda Jawa Barat menjelaskan saat terjadi kecelakaan harus pastikan kondisi tubuh pengendara baik-baik saja.

Di sisi lain, beberapa hal dari sepeda motor juga harus diperhatikan agar kondisinya juga baik-baik saja.

"Pertama, pastikan kondisi mesin tidak mengalami kebocoran oli. Hal ini dapat diidentifikasi dengan melihat bagian luar mesin, apakah ada tanda-tanda oli yang keluar dari ruang mesin atau apakah ada bagian mesin yang rembes atau berlubang," ujar Ludhy dalam keterangan tertulis.alt-img

Ludhy menjelaskan jika terdapat oli yang keluar dalam jumlah signifikan akibat bocor, sebaiknya tidak menggunakan motor terlebih dahulu. Kebocoran oli bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada mesin dan dapat memperburuk keadaan.

Lalu, periksa bagian kemudi motor, pastikan kondisi stang, kemudi, segitiga motor tetap dalam posisi yang simetris di tengah. Jika terdapat bengkok atau tanda kemiringan segera lakukan perbaikan karena dapat mengurangi kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Komponen elektrikal juga tak bisa lepas dari perhatian. Ludhy menjelaskan ketika terjatuh dari motor, sebaiknya matikan mesin dengan tombol engine off atau bisa lewat kunci kontak.

"Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan korsleting listrik dengan bahan bakar seperti bensin yang bisa menyebabkan kebakaran. Setelah itu, pengendara perlu memeriksa komponen elektrikal dengan melihat apakah lampu, starter motor, dan komponen listrik lainnya berfungsi atau tidak," jelas Ludhy.

Terkahir cek sistem pengereman baik depan maupun belakang. Hal ini untuk memastikan komponen tersebut dapat berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan atau kebocoran minyak rem.

Mengingat sistem pengereman merupakan salah satu komponen paling penting untuk menunjang keselamatan berkendara.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini