home ×
Digilife

Jangan Terkecoh Direct Message Instagram Berikut Jika Tidak Mau Di-Hack!

31 March 2021 By
Jangan Terkecoh Direct Message Instagram Berikut Jika Tidak Mau Di-Hack!
Share
Share
Share
Share

UZone.Id – Banyak faktor yang harus diperhatikan saat menjaga keamanan akun media sosial kalian. Mulai dari panggilan telepon dari nomor tidak dikenal, kode OTP palsu, hingga percobaan masuk ke akun kalian secara misterius, semua hal tersebut berusaha untuk menipu dan mencuri akun kalian.

Maka dari itu berbagai upaya untuk mengamankan akun harus dilakukan, serta mempelajari berbagai jenis upaya penipuan. Hal ini berlaku pada media sosial Instagram pula. Pada 29 Maret 2021, Instagram membagikan tips untuk menghindari penipuan yang sedang marak terjadi.

Instagram mengatakan akhir-akhir ini banyak pengguna yang menerima Direct Message (DM) dari pengguna yang berpura-pura menjadi perwakilan dari Instagram. Pesan tersebut berisi memberitahu pengguna bahwa post mereka telah melanggar kebijakan hak cipta.

Pesan tersebut mengancam untuk memblokir akun pengguna selamanya apabila pengguna “tidak menyediakan penjelasan mengapa post mereka tidak melanggar kebijakan hak cipta”. Sang penipu juga menyertakan sebuah link untuk dikunjungi pengguna.

Link tersebut akan membawa pengguna ke situs yang tidak dimiliki oleh Facebook, sang perusahaan pemilik Instagram.

Instagram mengungkapkan bahwa mereka tidak akan pernah mengirim Direct Message kepada pengguna terkait pelanggaran hak cipta atau meminta data pribadi pengguna seperti kata sandi dll.

“JANGAN KLIK ATAU BALAS PESAN TERSEBUT” tulis Instagram. Apabila Instagram ingin menghubungi pengguna, mereka akan menghubungi melalui Settings > Security > Emails From Instagram.

Sebagai langkah lanjut untuk mengamankan akun kalian, pastikan untuk mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication. Fitur ini akan membantu mengamankan akun kalian dari orang yang ingin merampas akun kalian secara paksa. Untuk mengaktifkannya, pergi ke Settings > Security > Two-Factor Authentication.

Setelah tau modus penipuan serta mengaktifkan Two-Factor Authentication, tentu kalian sudah menerapkan langkah antisipasi terhadap penipuan yang telah beredar. Sekarang kalian dapat mengeksplor Instagram dengan aman.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article