icon-category Telco

Jaringan Internet Selama MotoGP 2022 di Mandalika Gak Malu-maluin

  • 21 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Telkomsel

    Uzone.id – Beberapa bulan sebelum ajang MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar, beberapa perusahaan telekomunikasi Indonesia seperti Telkom, Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo kompak memboyong jaringan terbaiknya. Hal ini pun membuahkan hasil, sebab jaringan internet selama MotoGP dianggap prima, alias nggak malu-maluin.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan kalau cakupan jaringan telekomunikasi 4G dan 5G di sekitar sirkuit Mandalika memiliki kecepatan upload sampai dengan 100 Mbps dan download 25-35 Mbps untuk 4G.

    Johnny juga mengaku sempat mengunjungi NOC (National Operation Center) TelkomGroup untuk memeriksa kesiapan dukungan infrastruktur telekomunikasi.

    “Saya menyaksikan kolaborasi baik dari mereka untuk mendukung MotoGP. Backbone telekomunikasi jauh lebih siap dibandingkan event sebelumnya,” ungkap Johnny dalam pernyataannya.

    Ia melanjutkan, “ada tiga operator yang bekerja saling berkolaborasi yaitu TelkomGroup, XL Axiata, dan Indosat. MotoGP didukung dengan coverage 4G dan 5G. (Jaringan) 5G juga sangat cepat, upload sampai dengan 788 Mbps dan download 127 Mbps. Ini hasil dari speedtest setiap hari yang dilakukan.”

    Secara keseluruhan, Johnny mengapresiasi kolaborasi industri telekomunikasi Indonesia. Ia bahkan mengharapkan kolaborasi ini juga berlangsung dalam mendukung sektor pariwisata serta kebutuhan transformasi digital nasional.

    “Maka tidak saja tentang MotoGP-nya atau kepariwisataannya, tetapi ini juga terkait industri telekomunikasi dan digital nasional kita. Sehingga memang koordinasi dan kerjasama yang dibangun selama ini,” ungkapnya.

    Seperti diketahui, Miguel Oliveira dari tim Red Bull KTM menyabet podium 1 (P1) di balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (20/3).

    Sedangkan Fabio Quartararo dari tim Monster Yamaha menempati P2. Padahal, pembalap asal Prancis itu meraih Pole Position di awal balapan.

    Berbeda dengan Oliveira yang mengawali start di posisi 7. Kemudian, P3 diraih Johann Zarco dari tim Pramac Ducati.

    Jack Miller dari Ducati Lenovo meraih posisi ke-4. Kemudian, duet tim Suzuki Ecstar: Alex Rins dan Joan Mir masing-masing mengamankan posisi 5 dan 5.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini