home ×
Gadget

JBL Tune 115 TWS: Suara Zoom Halus, Rap Suga BTS Menggoda di Butter

22 June 2021 By
JBL Tune 115 TWS: Suara Zoom Halus, Rap Suga BTS Menggoda di Butter
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - JBL merupakan nama jaminan untuk kualitas audio yang menggelegar. Mereka juga ikutan memproduksi true wireless stereo (TWS) dalam bentuk nirkabel atau bluetooth seperti earbuds. Yang terbaru, mereka menghadirkan JBL Tune 115 TWS yang memiliki banyak varian warna.

Salah satu warna yang menarik perhatian adalah earbuds JBL berwarna putih dengan aksen biru di bagian tombol/touch sensor. Sebenarnya JBL Tune 115 TWS tidak menggunakan touch sensor karena di permukaan buds tersebut bisa di klik.

WhatsApp Image 2021-06-22 at 16.07.07

Desain

Dari sisi kemasan, JBL memiliki desain kemasan yang mungil dengan banyak gambar dan teks. Saat dibuka, sepasang earbuds diletakkan terpisah dari casing atau cangkangnya. Ada tiga komponen yang ada di dalam kemasan tersebut, sepasang earbuds, cangkang dan kabel berwarna orange yang ditemani oleh dua pasang eartips berbeda ukuran. Di bagian bawah ada buku manual untuk memandu penggunaan JBL TWS ini.

Seperti earbuds pada umumnya, JBL Tune 115 TWS juga memiliki casing yang berguna sebagai rumah bagi sepasang earbuds tersebut. Di bagian belakang sudah ada port charger yang menggunakan USB Type-C. Bentuk cangkangnya ternyata lebih besar dan berat ketimbang cangkang earbuds pada umumnya. Malah jika dipegang dan digenggam, ukurannya lebih tebal. Sejatinya, berat kedua earbuds hanya sekitar 9 gram. Jika dimasukkan ke cangkang maka berat total antara cangkang dan dua earbuds bisa mencapai 60 gram.

Saat digunakan pertama kali, pastikan sepasang earbuds berada tepat di dalam cangkang. Kedua lampu indikator di masing-masing earbuds akan menyala saat keduanya berada di dalam cangkang masing-masing. Saat kedua lampu menyala, ini artinya keduanya sudah terkoneksi dan sedang memancarkan sinyal bluetooth untuk mencari perangkat yang akan dipairing.

Untuk mengkoneksikan dengan laptop, ternyata tidak terlalu sulit. Nama yang akan tertera adalah JBL Tune115TWS. Buka pengaturan bluetooth untuk mencari dan memasangkannya dengan JBL. Buka cangkang agar sinyal bluetooth aktif dan bisa ditemukan oleh laptop. Saat laptop memindai, akan dikenali JBL Tune 115 TWS ini. Tinggal klik connect.

Sepertinya JBL mengandalkan lubang speaker yang panjang yang mencegah buds terlepas saat digunakan secara mobile. Artinya, untuk menggunakan buds ini, lubang speaker harus benar-benar masuk dan dicolok cukup dalam ke kuping. Walau ini tidak terlalu membuat nyaman namun suara di luar benar-benar akan disumbat agar tak bertabrakan dengan suara dari dalam earbuds. Mungkin ini cara mudah bagi JBL untuk mereduksi suara di sekitar.

WhatsApp Image 2021-06-22 at 16.07.10 (1)

Performa

Jika sudah di pairing, tidak butuh waktu lama untuk menggunakannya saat YouTube mengalun dari laptop. Saat earbuds masuk ke kuping kanan akan terdengar suara notifikasi yang mengindikasikan bahwa satu earbuds sudah siap digunaan. Jika eabuds kanan sudah masuk, dan earbuds kiri pun menyusul maka earbud kiri akan memberikan irama indikator yang berbeda. Tidak sampai dua detik, musik di laptop akan langsung berpindah ke earbuds.

Saat digunakan untuk meeting zoom, hampir semua suara yang berinteraksi di zoom terdengar dengan jelas. Namun saat kamu membuka dua aplikasi yang bersuara, jangan harap keduanya akan terdengar bersamaan di earbuds. Misalnya saat membuka aplikasi Zoom meeting dan mendengar musik di Youtube sekaligus, maka suara musik di YouTube tidak akan terdengar, hanya suara dari Zoom meeting saja yang terdengar.

Nah, saat mendengarkan musik Butter milik Kpop Boyband BTS, suara bass yang pertama terdengar dari musik tersebut sangat jelas dan membuat telinga ikut bergetar. Suara Suga yang berat saat sedang ngerap pun terdengar cukup menggoda. Apalagi saat meneriakkan 'Haters' sebelum suara RM yang lebih berat lagi menyambung rap Suga.

Tombol biru bertuliskan JBL itu sejatinya merupakan tombol sentuh yang bisa digunakan untuk mengoperasikan buds. Tekan sekali untuk pindah ke lagu berikutnya. Atau penekanan tombol sekali juga bisa difungsikan sebagai menerima atau menutup panggilan telepon saat smartphone tersambung dengan buds. Sedangkan penekanan tombol dua kali dimaksudkan untuk mengulang dari awal lagu yang baru saja diputar. Ini semua bisa dilakukan dengan menekan tombol sentuh yang ada di buds sebelah kiri.

Sedangkan bud sebelah kanan bisa digunakan dua kali tekan untuk menyambung ke asisten Google (Android) atau Bixby (Samsung) atau Siri (jika tersambung ke iPhone). Sedanngkan tekan tombol dua kali akan mengarahkan buds untuk menghentikan pemutaran lagu sementara (jeda/pause). Saat panggilan telepon sedang berlangsung, tekan tombol JBL selama dua detik untuk berbicara atau membisukan suara.

WhatsApp Image 2021-06-22 at 16.07.09

Baterai

Di bagian depan cangkang ada tiga lubang yang berfungsi sebagai lampu indikator baterai. Jika ketiganya menyala, ini berarti baterai cangkang dalam keadaan penuh. Jika lampu indikator hanya dua yang menyala, ini artinya baterai sudah hampir habis. Sedangkan jika menyala satu, maka daya baterai perlu segera diisi ulang.

Oia, JBL hanya memberikan kabel untuk TWS ini, jadi bisa menggunakan kepala charger milik smartphone lain. Tak perlu lama-lama mengecas karena TWS ini bisa bertahan 6 jam nonstop untuk mendengarkan lagu atau dipakai zoom meeting. Jika baterai habis, earbuds bisa disematkan lagi ke dalam cangkang dan mengambil daya dari case tersebut. Di dalam cangkang terdapat baterai cadangan yang berkapasitas 410 mAh. Saat daya earbuds habis, pengisian daya dengan mengandalkan cangkang atau charging case ini bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali. Total, charger cangkang ini bisa menyimpan daya untuk 15 jam. Sekali mengecas, dibutuhkan waktu hanya 2 jam untuk bisa sampai full 100 persen (lampu notifikasi tiga-tiganya menyala).

Untuk mematikan suara, tinggal letakkan kedua earbuds masuk kembali ke cangkang. Maka koneksi bluetooth otomatis akan terhenti.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id