Digilife

Jenius Ungkap Hasil Investigasi Kasus Saldo Terpotong Secara Misterius

  • 11 November 2021
  • Bagikan :
    Jenius Ungkap Hasil Investigasi Kasus Saldo Terpotong Secara Misterius

    Foto: dok. Uzone.id

    Uzone.id -- Baru-baru ini muncul keluhan dari sejumlah nasabah bank digital Jenius di media sosial seperti Twitter. Mereka mengeluhkan saldo mereka terpotong secara tiba-tiba oleh transaksi yang tidak mereka buat sama sekali.

    Hal dikeluhkan pun seragam, sama-sama saldo terpotong sebesar USD1 atau sekitar Rp14.759 untuk pembayaran Amazon Web Service.

    Pihak Jenius pun mengaku telah melakukan investigasi soal masalah ini.

    “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada para nasabah berupa pemotongan saldo sebesar USD1 oleh Amazon Web Service di kartu debit Visa Jenius mereka,” ungkap Communications & Daya Head Jenius, Andrie Darusman kepada Uzone.id, Rabu (10/11).

    Baca juga: Saldo Tiba-tiba Terpotong, Nasabah Jenius Ngeluh di Twitter

    Ia melanjutkan, “bank BTPN telah menginvestigasi peristiwa ini sebagai respons terhadap laporan nasabah, dan berdasarkan hasil investigasi kami, tidak ditemukan adanya kebocoran data yang menyebabkan transaksi tersebut.”

    Kendati tidak ada kebocoran data yang diklaim pihak BTPN selaku bank yang menaungi perbankan digital Jenius, Andrie menyarankan kepada nasabah untuk segera memblokir kartu debit Visa Jenius jika terbukti transaksi tersebut tidak terotorisasi oleh pemilik resmi.

    “Biaya penggantian kartu dan pendebitan dana tersebut akan sepenuhnya ditanggung oleh Jenius dalam bentuk pengembalian dana,” sambung Andrie.

    Baca juga: Klaim Aman dari Hacker, Ini 3 Siasat Jenius

    Ia juga mengimbau kepada seluruh pengguna Jenius untuk menghubungi layanan 24 jam mereka melalui akun Twitter resmi @jeniushelp dan Call Center.

    Di sisi lain, Jenius Public Relation, Social Media & Content Lead Bank BTPN, Theoreza Herdiyanto mengatakan memang sedang ada gangguan di Amazon dan Google yang mengakibatkan beberapa nasabah mengalami pemotongan saldo.

    Namun, jika melihat akun resmi @jeniushelp di Twitter, pihak Jenius kerap menyarankan kepada nasabah yang terdampak untuk segera memblokir kartu debit mereka sebagai solusinya.

    VIDEO: Intip Wujud Oppo A95



    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini