home ×
Digilife

Jepang Berencana Menerapkan 6G pada 2030

21 January 2020 By
Jepang Berencana Menerapkan 6G pada 2030
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Jepang berencana menerapkan teknologi 6G pada 2030. Mengutip Gizmo China, menurut laporan terbaru dari Nikkei, Jepang mulai merencanakan strategi komprehensif untuk teknologi 6G—yang mencapai kecepatan komunikasi 10 kali lebih cepat dari 5G—pada 2030.

Laporan tersebut mengklaim, China, Korea Selatan, dan Finlandia juga telah memulai penelitian, pengembangan dan investasi untuk segmen ini. Namun, Jepang yang lambat dalam mengadopsi teknologi 5G, secara mengejutkan berencana menerapkan 6G.

Baca juga: Tak Banyak Orang Tertarik, Instagram Hapus Ikon IGTV

Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang akan membentuk tim penelitian yang terdiri dari pemerintah dan masyarakat sipil pada Januari. Pihak-pihak yang relevan dengan hal ini juga akan diundang untuk membahas tujuan dan kebijakan 6G pada Juni.

Jepang mengklaim, dengan menggunakan teknologi komunikasi kecepatan tinggi post-5G alias 6G, penggambaran masyarakat masa depan dan robot yang merawat manusia menjadi lebih mungkin.

Jepang akan menginvestasikan $ 2,03 miliar (sekitar Rp 27,7 triliun) untuk penelitian dan pengembangan 6G. Teknologi ini diharapkan 10 kali lebih cepat dari teknologi 5G.

Baca juga: iPhone Siri Sebut Israel Negara Zionis

Beberapa negara lain juga sudah mulai mengambil tindakan untuk penerapan 6G. Pada November 2019, Pemerintah China telah mengumumkan bahwa mereka akan mendirikan dua lembaga litbang untuk 6G.

Demikian juga dengan Finlandia dan Korea Selatan yang telah meluncurkan proyek riset dan pengembangan, serta pusat penelitian untuk 6G pada 2019.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id