home ×
Lifestyle

JNE : Zaman Now Era Kolaborasi, bukan Kompetisi

14 February 2018 By
JNE : Zaman Now Era Kolaborasi, bukan Kompetisi
Share
Share
Share
Share

Uzone.id—Industri jasa pengiriman barang terus mengalami pertumbuhan seiring berkembangnya pasar e-commerce di Tanah Air. Pertumbuhan e-commerce ini menjadi pangsa pasar yang besar bagi perusahaan jasa pengiriman dan logistik. Pertumbuhan e-commerce melesat pesat karena melonjaknya pengguna internet dan smartphone di Indonesia yang sangat massif. Kondisi ini menjadi berkah tersendiri bagi perusahaan jasa pengiriman seperti PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir atau yang lebih dikenal dengan JNE.

President Director JNE Mohammad Feriadi mengungkapkan, volume pengiriman sepanjang tahun 2017 naik 30%. Menurut pria yang akrab disapa Feri ini, telah terjadi shifting atau pergeseran pola belanja masyarakat dari konvensional menjadi berbasis online.

"Kami optimistis tahun 2018 ini diangka yang sama atau bahkan akan meningkat," kata Feri yang didampingi Vice President Marketing JNE Eri Palgunadi dan Head of Media Relation Department JNE Hendrianida Primanti dalam kunjungan silaturahim ke kantor redaksi Uzone.id di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, pada Rabu (14/2/2018).

Dalam perbincangan, Feri mengungkapkan, transaksi online menyumbang sekitar 50% dari total 70% jasa pengiriman ritel di JNE. "Hingga saat ini rata-rata per bulan JNE menerima pengiriman barang sebesar 27 juta paket, atau per hari sekitar 900 ribu kiriman," kata Feri.

Strategi bisnis JNE mengeksplorasi peluang di antaranya dengan meningkatkan kolaborasi yang saling menguntungkan dan menguatkan. "Zaman now eranya kolaborasi, bukan lagi kompetisi," kata Feri. Hingga sekarang, JNE telah memiliki 18.000 karyawan tetap, mayoritas adalah kurir dan 40.000 mitra sejak berdiri tahun 1990. "JNE memiliki Big Data customers selama melayani 27 tahun lebih di Indonesia," kata Feri.

Feri mengatakan, JNE yang menjadi one stop service di bidang pengiriman barang siap menyongsong era digital ke depan. Saat ini, JNE telah memiliki teknologi berbasis aplikasi yakni My JNE untuk melakukan pengiriman dan melacak barang yang dikirim. Selain itu, JNE telah menyiapkan jaringan antar outlet yang lebih terkoneksi agar layanan pengiriman barang semakin cepat. Untuk melengkapi dan memanfaatkan teknologi, JNE berkolaborasi dengan perusahaan yang expertise di bidang digital.

Business Operation Director PT Metra-Net (Metranet) Didik B Santoso menyambut hangat kunjungan pimpinan JNE. Dalam acara silaturahim ini Didik memaparkan, Metranet adalah perusahaan holding bagian dari Telkom Group yang menaungi Uzone.id di bidang media, dan sejumlah unit usaha berbasis teknologi digital seperti Melon di digital musik, UAd, UPOINT, dan lainnya. "Semoga Metranet dapat memberikan solusi digital yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan JNE, saling berkolaborasi untuk perkembangan dan kemajuan perusahaan di masa depan," kata Didik. Let's boost up synergy among us and Let's make a deal !

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article