icon-category Film

Joaquin Phoenix Ogah Jiplak Joker Versi Lawas

  • 31 Aug 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Foto: Warner Bros.)

    Uzone.id -- Siapa yang menantikan film ‘Joker’? Warner Bros. akhirnya merilis trailer akhir film standalone satu ini beberapa hari lalu dan pencinta film semakin dibikin penasaran.

    Mayoritas penasaran terhadap akting aktor Joaquin Phoenix yang berhasil bikin bergidik dan tentunya karakter Joker di dalam film ini.

    Kita semua tahu, karakter villain Joker selama ini kerap mengisi layar lebar di ragam film Batman. Batman rasanya kurang lengkap tanpa Joker, begitu pun sebaliknya. Tapi… di film origin ini, justru sutradara Todd Phillips ingin menampilkan latar belakang sosok yang selama ini dunia tahu sebagai “Joker”.

    Baca juga: Film 'Joker' Berpotensi Punya Sekuel

    Sebelumnya, Joker memang telah dilakoni oleh berbagai aktor dengan penampilan dan karakter yang berbeda. Lalu, bagaimana dengan Joker versi Phoenix?

    Ternyata, Phoenix mengaku ia berusaha sekeras mungkin agar tidak terpengaruh oleh karakter-karakter Joker yang sudah ada sebelumnya, seperti versi Heath Ledger di ‘The Dark Knight’, akting Jack Nicholson di ‘Batman’, dan lakon Jared Leto di ‘Suicide Squad’.

    “Hal yang paling menarik tentang karakter satu ini bagi saya adalah, Joker sangat sulit dijelaskan. Dan Anda pun gak betul-betul ingin mengenal dia sedalam itu,” ucap Phoenix, seperti dikutip dari Variety.

    Dia kemudian mengonfirmasi bahwa dirinya sama sekali gak terpengaruh oleh Joker versi lawas.

    “Saya tidak mengacu ke karakter manapun di masa lalu. Semuanya terasa seperti kreasi kita sendiri saja,” ungkapnya.

    (Foto: Warner Bros.)

     

    Yup, alasan Phoenix mengambil peran ini karena dirinya diberi kebebasan untuk menciptakan karakter ‘baru’ yang sulit diidentifikasi oleh orang.

    “Setiap hari rasanya seperti menemukan aspek baru di karakter Joker, terus begitu sampai di hari terakhir syuting,” lanjutnya.

    Di film ‘Joker’ sendiri, Phoenix memerankan karakter bernama Arthur Fleck, seorang komedian yang berjuang mati-matian untuk hidup seperti orang normal, namun memiliki banyak kegagalan di pekerjaan dan merasa seperti orang tak dianggap di kehidupan sosial.

    Baca juga: Perankan Joker, Berat Joaquin Phoenix Turun 25kg

    Hal tersebut yang mendorongnya jadi mempertanyakan apa tujuan hidup dan terbentuklah karakter Joker.

    Untuk mempersiapkan dirinya memerankan seorang Arthur, Phoenix membaca buku tentang pembunuh di sektor politik agar bisa mendapatkan naluri atau pendalaman karakter pembunuh dan motif mereka. 

    “Saya memang mengidentifikasi Arthur sebagai kepribadian khusus. Tapi saya juga ingin kebebasan untuk membuatnya sebagai sesuatu yang sulit diidentifikasi oleh orang-orang. Ini adalah karakter fiktif. Saya tak mau psikiater dengan mudah mengidentifikasi karakternya. Mari lupakan itu, kita di sini ingin punya ruang untuk menciptakan apapun yang kita mau,” jelas Phoenix.

    Bagi yang semakin penasaran, harap bersabar ya. ‘Joker’ rencananya dirilis pada 4 Oktober 2019.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini