icon-category Digilife

Jokowi Jelaskan Beda Mudik dan Pulang Kampung, Netizen Bingung

  • 23 Apr 2020 WIB
  • Bagikan :

    Presiden RI Joko Widodo (Foto: Setkab)

    Uzone.id - Pernyataan Presiden RI Joko Widodo yang menjelaskan perbedaan 'mudik' dengan 'pulang kampung' saat diwawancara Najwa Shihab di program Mata Najwa yang disiarkan Rabu (22/4/2020), bikin netizen bergemuruh.

    Mantan gubernur DKI Jakarta itu menjawab pertanyaan Najwa soal kenapa pemerintah tidak melarang masyarakat mudik sejak penetapan tanggap darurat pandemi virus Corona (Virus-19) karena bisa menularkan virus ke daerah-daerah di Indonesia.    

     

    Menurut Jokowi, itu bukan mudik, melainkan pulang kampung. Alasan Jokowi, masyarakat yang bekerja di Jabodetabek namun sudah tidak ada pekerjaan sehingga masyarakat memilih pulang.

    Baca juga: Cegah Mudik, Tol Elevated Cikampek Ditutup Mulai Malam Ini

    "Karena anak istrinya ada di kampung jadi mereka pulang," kata Jokowi. "Ya kalau mudik itu di hari lebarannya. Beda. Untuk merayakan Idul Fitri. Kalau yang namanya pulang kampung itu yang bekerja di Jakarta tetapi anak istrinya ada di kampung."

    Setelah itu, Jokowi menjelaskan lebih dalam lagi. Masyarakat yang sehari-harinya tinggal berdesakkan di rumah sewa yang sempit di Jabodetabek lebih berbahaya jika tidak pulang kampung.

    "Sebabnya, mereka sudah kehilangan pekerjaan sehingga tak sanggup memenuhi gizi sehari-hari yang cukup untuk menangkal virus corona.

    Mereka di sini tidak bekerja. Lebih berbahaya mana? Di sini di dalam ruangan dihuni 8-9 orang atau pulang ke kampung tapi di sana sudah disiapkan isolasi dulu oleh desa," tutur Jokowi.

    Jokowi menilai semua desa sekarang ini sudah menyiapkan isolasi ini yang pulang dari desa.

    "Lebih bahaya mana? Saya kira kita harus melihat lebih detail lapangannya. Lebih detail angka-angkanya," tandas Jokowi.

     

    Pernyataan Jokwi itu langsung jadi trending topik Twitter sejak Rabu malam sampai Kamis siang ini. Kata 'Pulkam' mendapat lebih dari 6 ribu cuitan, kata 'Presiden' mendapat lebih dari 58 ribu cuitan, dan 'Mudik' mendapat lebih dari 115 ribu ciutan.

    Berikut beragam komentar daru netizen saat menanggapi perbedaan mudik dan pulang kampung yang disampaikan Jokowi. 

     

     

     

     

     

     

    VIDEO Samsung Galaxy Z Flip Review, Dipakai di Itaewon Class

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini