Jumlah Unduhan TikTok Melejit di Januari 2020
-
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)
Uzone.id - Popularitas TikTok terus melejit dari hari ke hari. Beberapa waktu lalu, data dari Sensor Tower mengungkapkan bahwa TikTok berhasil melonjak dari posisi keempat pada 2018 menjadi posisi kedua pada 2019, karena populer di pasar India, Amerika Serikat, dan Brasil.Secara lebih detail, statistik menunjukkan bahwa jumlah unduhan India, Brasil, dan Amerika Serikat masing-masing, yaitu 34,4 persen, 10,4 persen, dan 7,3 persen. Angka tersebut belum termasuk unduhan di China.
Baca juga: Diprediksi Lebih Besar dari Instagram, TikTok Komentar Begini
Data terakhir dari Sensor Tower menunjukkan bahwa TikTok sukses menyalip WhatsApp sebagai aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak. Pada Desember 2019, ada peningkatan 46 persen dalam periode yang sama di tahun lalu. Douyin (nama lain dari TikTok di China) dan TikTok sudah diunduh 104 juta kali di Google Play Store dan App Store di perangkat Apple.
Kini, ketenaran aplikasi video pendek ini terus melambung. Mengutip Gizmo China, berdasarkan data terbaru dari Sensor Tower, total unduhan TikTok telah melampaui 1,82 miliar. Dari perpektif tren, volume unduhan pada Februari 2020 diperkirkan akan mencapai titik tertinggi dan pertumbuhan yang cepat akan terjadi di negara-negara berkembang.
Baca juga: Mengenal BigBox, Penyedia Solusi Big Data Asal Indonesia
TikTok memang diperkirakan bisa lebih besar dari Instagram. Prediksi ini datang dari CEO Snapchat Evan Spiegel dalam acara Digital Life Design Conference di Munich, Jerman.
Ketika Uzone.id meminta pendapat tentang prediksi tersebut, Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia menjawab, “Jadi kalau kita sih fokusnya ke aplikasi kita sendiri. Kita gimana meningkatkan user experience, dan memang kita diterima masyarakat dengan sangat antusias."
TikTok Sebarkan Cinta melalui challenge #PakePerasaan
TikTok berupaya agar penggunannya mengekspresikan rasa cinta kepada orang terkasih atau cerita cinta lucu dalam format video singkat, termasuk di moment penuh cinta di bulan Februari ini.
Dalam meramaikan hari Valentine, sejumlah kreator TikTok telah berlomba-lomba membuat konten bertema kasih sayang dengan cara kreatif dan lucu menggunakan tagar #PakePerasaan. Berikut beberapa video menarik dari JaiHoe dan Nadine mungkin bisa bikin kalian tersenyum.
Tidak ketinggalan, selebriti seperti Rossa (ID: rossa.official) juga ikut mengunggah video #PakePerasaan versi dirinya dengan stiker cute girl.
Marketing Manager TikTok Indonesia, Jessica Gautama menyambut baik hal ini, khususnya kampanye #PakePerasaan.
“TikTok mendukung kreatifitas pengguna melalui fitur, efek, bahkan kampanye menarik setiap minggunya. Kami berharap, TikTok selalu menjadi platform yang nyaman bagi pengguna untuk berkreasi dan berekspresi," tutur Jesica.
Untuk mengikuti tantangan ini, pengguna dapat mengunggah video bertema cinta atau berisi tentang cara merayakan Hari Valentine, serta menambahkan tagar #PakePerasaan. Lalu, repost video tersebut ke akun Instagram Anda. Jangan lupa tag akun @tiktokofficialindonesia.
Video yang diikutsertakan dalam kompetisi harus original, yakni direkam langsung menggunakan aplikasi TikTok, bukan video repost. Akun Instagram juga tidak boleh di-private selama periode kompetisi yang berlangsung hingga 29 Februari 2020.
Sebanyak 36 orang terpilih dengan video paling kreatif akan mendapatkan berbagai merchandise menarik beserta tanda tangan dari para artis lineup Love Fest. Festival musik ini menampilkan belasan musisi kenamaan dunia dan dalam negeri seperti HRVY, Sun Rai, Glenn Fredly, Rossa dan Tulus.
Nama-nama 36 pemenang diumumkan di Instagram @tiktokofficialindonesia pada tanggal 29 Februari 2020 dan 3 Maret 2020.