Telco

Kabel Laut Bifrost Perkuat Visi Telin Jadi Penggerak Ekosistem Digital Global

  • 31 March 2021
  • Bagikan :

    (Foto: Telkom Indonesia)

    Uzone.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) bersama Keppel Telecommunications & Transportation Limited (Keppel T&T), melalui anak perusahaannya, Keppel Midgard Holdings Pte. Ltd. (KMH) dan anak perusahaan Facebook Inc. (Facebook) akan membangun sistem komunikasi kabel laut yang menghubungkan Indonesia dengan Singapura dan Amerika Utara secara langsung.

    Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) ini diberi nama Bifrost Cable System (BCS). BCS merupakan sistem kabel bawah laut pertama di dunia yang secara langsung menghubungkan Singapura ke pantai barat Amerika Utara melalui Indonesia, lewat Laut Jawa dan Laut Sulawesi.

    Baca juga: Facebook-Google Bersama Telkom Indonesia dan XL Axiata Bentangkan Kabel Internet di Laut Jawa

    Mengenai hal ini, CEO of Telin, Sukardi Silalahi menyatakan, “Perkembangan ekonomi digital di Indonesia selama ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, terlihat dari tingginya penggunaan layanan online secara masif, dengan munculnya bisnis online sebagai yang terdepan bagi ekonomi digital tanah air.”

    “Kolaborasi melalui Bifrost Cable System akan memenuhi permintaan internet yang sangat besar dari Indonesia ke dunia dan sebaliknya, serta untuk mewujudkan visi Telin sebagai Global Digital Ecosystem Enabler,” imbuh Sukardi dalam pernyataannya di akun Facebook milik Telin.

    Sebagai informasi, BCS akan menghubungkan Indonesia, Singapura, Filipina, Guam, dan pantai barat Amerika Utara. BCS diharapkan selesai pada tahun 2024, mencakup lebih dari 15.000 km. Hal ini sejalan dengan visi Telin untuk menjadi Penggerak Ekosistem Digital Global.

    VIDEO: Unboxing Realme 8 Pro Indonesia