Imsakiyah Ramadan 1439H

Kaca Film Makin Gelap Bukan Jaminan AC Mobil Makin Adem

11 May 2018 by
Kaca Film Makin Gelap Bukan Jaminan AC Mobil Makin Adem

Saat ini kaca film seolah menjadi aksesori wajib bagi mereka yang membeli mobil baru. 

Fungsi kaca film selain memberikan ruang privasi di dalam mobil tapi juga dipercaya mampu meredam sinar matahari yang masuk dan membuat area kabin lebih adem. 

Namun sayangnya, masih banyak yang beranggapan bahwa makin gelap kaca film semakin baik dalam meredam sinar matahari yang masuk ke kabin. 

(kumparanOTO membahas beberapa hal mengenai pendigin udara pada mobil yang bisa kamu temukan pada topik 'Tips Otomotif' atau beberapa tautan di bawah ini)

Menanggapi hal tersebut, pemilik bengkel AGS Matic, Agus Mustafa mengatakan dinginnya suhu AC yang terasa di dalam kabin bukan ditentukan oleh tingkat kegelapan yang dimiliki kaca film.

"Jadi jangan disalah-artikan, bukan gelap atau tidaknya kaca film yang dpat meredam panas yang mempengaruhi dinginnya AC di dalam mobil. Yang menentukan itu adalah kandungan UV protector atau seberapa tinggi kandungan molekul dari UV protector yang dapat menyerap panas yang ada di kaca film itu sendiri," jelas Agus saat dihubungi kumparanOTO.

Selain soal kegelapan, ada hal lain yang harus kamu cermati sebelum memasang kaca film, yakni Infra Red Rejection (IRR) dan Ultra Violet (UV) light rejector atau protector.

"Indikator yang dianggap tepat untuk meredam panas matahari ya, kaca film yang tingkat IRR dan UV protectornya tinggi. Biasanya produk-produk kaca film sudah tertera berapa persen IRR-nya atau UV protector-nya. Ukuran tingkatannya biasanya menggunakan persen, jadi semakin tinggi persennya akan semakin baik juga dia meredam panas supaya engga sampai ke dalam kabin, jadi AC juga bisa lebih adem rasanya," imbuh pria yang akrab disapa Pak Haji itu.

Agus juga mengatakan, saat ini sudah banyak produsen kaca film yang memiliki produk-produk canggih, yang mana tingkat kegelapannya rendah tapi UV protector tinggi.

"Sekarang sudah ada produk kaca film yang bahkan tingkat kegelapannya hanya 30 persen tapi dia punya UV protector yang tinggi. 30 persen itu kan hitungannya masih sangat terang," ujar pria yang juga merupakan Technical Support Auto2000 ini.

Nah, bagi readers kumparanOTO yang masih beranggapan bahwa semakin gelap kaca film dapat membuat kabin kamu terasa lebih adem saat AC dinyalakan, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Apalagi kalau tingginya tingkat kegelapan kaca film kamu tidak disertai dengan tingkat UV protector dan IRR yang juga tinggi.

Apa Reaksi Anda ?

Love
72%

Suka

Laugh
5%

Lucu

Surprised
14%

Kaget

Sad
7%

Sedih

Angry
2%

Marah

loading...
240 Comments in this article

Submit
ridwan maulana 19 May 2018 | 14:12:09

😂😅😏😎😂

tony surya 19 May 2018 | 13:33:22

nice artikel gw komen aja dahh ahahahah nicee

abang kece 16 May 2018 | 15:11:01

hmmmmmmm oyah masa emang kenapa bisa gitu

madhi 16 May 2018 | 14:30:22

info yang menarikkk😁😁😁😁

dwi purwanto 16 May 2018 | 11:02:31

ilmu yg bermanfaat bisa di terapkan nih

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top