home ×
Gadget

Kacamata VR Besutan Apple Bakal Dibanderol Rp42 juta?

05 February 2021 By
Kacamata VR Besutan Apple Bakal Dibanderol Rp42 juta?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id – Rumor mengenai kacamata VR (virtual reality)  yang sedang dibuat oleh Apple bukanlah rahasia lagi. Bahkan saat ini, kabarnya produk ini siap dijual dengan harga fantastis, senilai USD 3.000 atau setara Rp 42 juta. Apa yang membuatnya mahal?

Seperti dikutip Uzone.id dari The Information, Jumat (5/2), memberi penjelasan baru tentang apa yang kemungkinan menjadi fitur kacamata VR Apple  – termasuk sketsa desain perangkat ini.

Baca juga: Sony Pasok Bahan Apple VR?

Bahan kacamata ini meliputi jaring kain (mesh) yang umum digunakan untuk meringankan bobot perangkat. Desainnya diduga “meminjam” model yang sudah ada dari berbagai perangkat Apple lain, termasuk Apple Watch dan bahan kain mirip HomePod.

Untuk fitur hardware-nya, dirumorkan akan menggabungkan fitur VR dan aplikasi mixed reality. Semua ini dapat diwujudkan berkat belasan kamera yang digunakan untuk mendeteksi gerakan tangan dan sensor LIDAR, untuk memetakan ruangan, seperti fitur AR yang ada pada iPad Pro dan iPhone 12.

Kemudian, akan disajikan tampilan jernih hingga 8K dengan ­teknologi eye-tracking. Resolusi kacamata VR ini akan mengalahkan kacamata VR lainnya yang sudah berada di pasaran. Resolusi 8K ini tentu akan memperbolehkan pengguna melihat objek dengan sangat detail dan realistis.

Memang, harga Rp42 juta bukan nominal yang kecil. Menurut laporan dari Ubergizmo, kacamata VR ini memang tidak ditujukan bagi konsumen biasa, namun lebih untuk para developer produk atau penikmat VR.

Sebagai perbandingan, kemungkinan produk ini akan memiliki pasar yang sama dengan HoloLens milik Microsoft.

Kacamata VR ini tentu akan mewujudkan tujuan dari Apple, yaitu membuat perangkat AR yang ringan hingga mirip seperti kacamata pada umumnya. Namun, belum ada tanggal pasti kapan produk ini rilis.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article