icon-category Travel

KAI Gratiskan Tiket Semua Rute di Hari Kemerdekaan

  • 15 Aug 2017 WIB
  • Bagikan :

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan menggratiskan tiket bagi penumpang 199 perjalanan kereta lokal yang tersebar di Jawa dan Sumatera, serta penumpang komuter (KRL) semua rute guna memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.

    Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menjelaskan, tiket gratis tersebut hanya berlaku untuk penumpang yang memberi tiket secara langsung (on the spot) di stasiun keberangkatan pada 17 Agustus tersebut, begitu pula dengan tiket pulang di hari yang sama.

    "Masyarakat bisa mendapatkan tiket gratis secara go show di loket penjualan langsung di stasiun keberangkatan dengan tarif Rp0," ucap Edi dalam konferensi pers KAI di kawasan Manggarai, Selasa (15/8).

    Adapun untuk proyeksi jumlah penumpang disesuaikan dengan seluruh kapasitas seluruh kereta yang mencapai 1,21 juta orang, yang terdiri dari 150 ribu penumpang untuk kereta lokal dan 1,06 juta penumpang untuk komuter.

    Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan memastikan ketersediaan kursi, KAI telah membatasi secara sementara penjualan dalam jaringan (online) sejak 7 Agustus lalu.

    Namun begitu, penumpang yang telah memesan tiket sebelumnya untuk keberangkatan 17 Agustus tidak perlu khawatir karena tetap tercatat dan bisa melakukan perjalanan.

    Adapun pihak KAI akan mengembalikan (refund) pembayaran tiket yang telah dibayarkan penumpang. Penumpang, sambung Edi, tinggal menyerahkan bukti tiket (boarding ticket) di stasiun kedatangan.

    "Proses refund dapat dilakukan mulai tanggal 17 Agustus sampai 18 Agustus pukul 18.00 di loket stasiun kedatangan," kata Edi.

    Sementara itu, pada sepanjang enam bulan pertama di tahun ini, KAI mencatatkan sebesar Rp9 triliun atau 46 persen dari target Rp19,49 triliun, naik dari periode yang sama tahun lalu Rp15,2 triliun. Adapun laba bersih perseroan tercatat sebesar Rp750 miliar, naik dari periode yang sama tahun lalu Rp1 triliun. Sedangkan total aset perseroan hingga semester pertama tahun ini tercatat Rp27 triliun. 

    Adapun dari sisi target penumpang, di tahun ini perseroan menargetkan bisa mengangkut 367 juta penumpang, lebih tinggi dari realisasi 2016 sebanyak 315 juta penumpang. Sedangkan untuk angkutan barang, target tahun ini sebanyak 46,1 juta ton barang, lebih tinggi pula dari capaian tahun lalu sebanyak 34,6 juta ton.

    Berita Terkait

    Tags : KRL KAI kereta api 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini