Digilife

Kain Sutra Ini Bikin Kulit Lebih Dingin 12,5 Derajat Celcius

  • 15 November 2021
  • Bagikan :
    Kain Sutra Ini Bikin Kulit Lebih Dingin 12,5 Derajat Celcius

    Ilustrasi (Foto: Ellery Sterling / Unsplash)

    Uzone.id - Ilmuwan berhasil menciptakan kain sutra yang dirancang menjaga kulit lebih dingin 12,5 derajat Celcius dibandingkan bahan yang terbuat dari katun di kondisi cuaca panas.

    Kain sutra ini diciptakan untuk mengurangi konsumsi energi agar tubuh kita tetap dingin. Para ilmuwan telah menemukan bahan yang secara alami bisa membuat kita lebih dingin.

    Jia Zhu dari Universitas Nanjing, Cina, dan Shanhui Fan dari Universitas Stanford telah bekerja dalam merekayasa sejenis sutra yang akan memantulkan panas, terutama sinar inframerah dan panjang gelombang yang terlihat, seperti dilansir Tribune.com.pk dari New Scientist, Rabu (10/11/2021).

    BACA JUGA: Saldo Tiba-Tiba Terpotong, Nasabah Jenius Protes di Twitter

    Kain tersebut bisa memantulkan 95 persen panas dengan serat tertanam dari nanopartikel aluminium oksida. Saat terpapar sinar matahari, bahannya tetap 3,5 derajat Celcius lebih dingin dari udara di sekitarnya.

    Ilmuwan juga menemukan bahwa ketika kain sutra menutupi permukaan kulit, dan kulit bisa tetap 8 derajat Celcius lebih dingin dari jenis sutra lainnya, sekaligus menjaga kulit 12,5 derajat Celcius lebih dingin dari katun.

    Percobaan juga diuji pada kemeja lengan panjang berkerah dari sutra baru dan dikenakan di bawah matahari pada suhu 37 derajat Celcius.

    BACA JUGA: Platform Digital untuk Properti Bisa Jadi Solusi di Era Pandemi

    Gambar inframerah menemukan bahwa kemeja itu tetap dingin. Zhu mengatakan bahwa mengenakan sutra rekayasa pada hari yang panas di bawah sinar matahari, seseorang merasa jauh lebih sejuk daripada mengenakan tekstil biasa seperti katun.

    Sutra hasil rekayasa ilmuwan bisa nyaman dipakai, bernapas, bisa dicuci dan dikeringkan. Bahan sutra ini hemat biaya dan bisa diproduksi massal.

    Kain sutra ini dirancang untuk digunakan orang-orang di luar ruangan, di bawah sinar Matahari, dan tidak dibuat untuk dipakai di dalam ruangan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini