home ×
Gadget

Kalahkan Qualcomm, Pangsa Pasar Chipset Terbesar di Dunia Ada di MediaTek

26 December 2020 By
Kalahkan Qualcomm, Pangsa Pasar Chipset Terbesar di Dunia Ada di MediaTek
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Sepertinya Qualcomm harus puas dikalahkan MediaTek tahun ini. Pasalnya, produsen chip asal Amerika itu memiliki pangsa pasar yang kecil dibanding MediaTek.

Menurut riset Counterpoint, MediaTek telah berada di posisi pertama sebagai produsen chipset dengan pangsa pasar terbesar di dunia. Pada kuartal ketika di 2020 ini, Counterpoint menemukan fakta ada lebih dari 100 juta smartphone yang dibekali dengan chipset MediaTek.

Data Counterpoint Research menunjukkan jika pangsa pasar MediaTek naik lima persen pada kuartal ketiga tahun ini, dibanding kuartal yang sama tahun lalu. Meski begitu Qualcomm masih terdaftar sebagai produsen chip 5G terbesar tahun ini.

Baca juga: Galaxy A12 Nongol di Geekbench dengan Prosesor MediaTek Helio P35

"MediaTek juga memanfaatkan celah yang ditimbulkan oleh larangan Amerika terhadap Huawei. Chip MediaTek terjangkau yang dibuat oleh TSMC menjadi pilihan pertama bagi banyak OEM untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh ketidakhadiran Huawei. Huawei sebelumnya juga telah membeli sejumlah besar chipset sebelum pelarangan," ujar Direktur Peneliti Counterpoint Research, Dale Gai, seperti dikutip dari Engadget, Sabtu, 26 Desember 2020.

Laporan riset itu juga menemukan jika saat ini MediaTek telah berhasil meraih perndapatan sampai NT$97,275 juta. Pendapatan ini mengalami kenaikan 50 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

MediaTek mengakui adanya kenaikan tersebut. Hal ini, menurut mereka, dikarenakan performa yang cukup kuat di ranah smartphone harga USD100-USD250. Pasar mereka pun menunjukkan pertumbuhan di India, China dan Amerika Latik. Seluruh faktor itu secara tidak langsung membuat MediaTek memiliki pangsa pasar 31 persen, mengalajkan Qualcomm yang hanya 29 persen.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Abdul Manaf 05 January 2021 | 23:41:41

wow keren banget bro

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article