Auto

Kalau Bentuk Mobil Listrik Apple Begini, Laku Gak ya?

  • 11 November 2021
  • Bagikan :
    Kalau Bentuk Mobil Listrik Apple Begini, Laku Gak ya?

    Foto: dok. Vanarama

    Uzone.id -- Belakangan ini salah satu hal yang sering juga dirumorkan soal Apple adalah pengembangan proyek mobil listriknya. Meski masih misterius, ada saja pengamat otomotif yang meluangkan waktu untuk mengumpulkan berbagai paten Apple demi membayangkan wujud mobil ini kelak.

    Hasilnya? Jelek enggak, bagus juga, relatif sebenarnya.

    Para pengamat mobil di platform sewa mobil Vanarama di Inggris secara sukarela membuat ilustrasi 3D model mobil listrik Apple berdasarkan dari paten-paten yang diajukan Apple. Tentu saja paten yang mereka dapatkan adalah paten yang bocor di dunia maya.

    Ada beberapa hal yang mereka sorot, tentunya dari desain eksterior, interior, hingga teknologi software yang sekiranya akan melengkapi Apple Car ini.

    Baca juga: Komputer Pertama Apple Kembali Dilelang, Mulai Rp2,8 M

    Pertama, eksterior dan rangka mobil terlebih dahulu.

    Tampang Apple Car versi Vanarama ini bisa dibilang seperti terinspirasi dari Cybertruck dari Tesla. Namun, tiap tepi atau sisinya masih agak sedikit membulat, tidak terlalu kotak atau runcing seperti Cybertruck.

    Hal pertama yang mungkin diperhatikan adalah desain penutup kaca tanpa pilar yang tampak sudah mencakup jendela, sunroof, dan kaca depan. Seakan kaca yang melapisi mobil ini menyatu dan seamless.

    Desain ini mengambil dari paten US10384519B1 yang menjelaskan kalau Apple telah menemukan cara untuk membuat mobil tanpa perlu memanjang sampai melewati pintu dan membagi panel kaca yang berbeda.

    Foto: dok. Vanarama

     

    Eksterior pada pintu Apple Car ini juga diambil dari paten US10384519B1 yang diakui sifatnya adaptif, desain bagian depan diklaim mencontek Mac Pro dengan jaring-jaring namun tetap disesuaikan dengan fungsi mobil, serta gagang pintu yang dapat ditarik.

    Kedua, interior dan software.

    Di bagian dalam mobil ini, tim Vanarama telah memodelkan layar sentuh yang membentang di seluruh dasbor. Diambil dari paten US20200214148A1, Apple menyebutkan sangat mungkin mengintegrasikan layar ultra lebar yang mulus. 

    Mengutip 9to5Mac, tampilan yang disuguhkan di layar sentuh dasbor Apple Car ini menyalin dari beberapa paten agar dapat terbayang kontrol dasbor dan informasi yang muncul akan seperti apa, sampai hal detail seperti Siri sebagai asisten kemudi digital.

    Foto: dok. Vanarama

    Baca juga: Apple Setop Penjualan iMac 21,5 Inci?

    Kalau membayangkan dasbor mobil isinya layar sentuh semua, rasanya kita sebagai si pemilik atau penumpang harus benar-benar menjaga gerakan dan kebersihan selalu. Jangan sampai salah gerak lalu ada tombol yang terpencet, bisa berabe.

    Atau jika tangan kita kotor lalu asal memencet opsi di layar dasbor, layar pun menjadi kotor atau berminyak. Kurang pantas aja membayangkan mobil canggih ala Apple tapi minyakan.

    Masih soal tampilan dasbor layar sentuh, ada juga kontrol suhu kabin, launcher yang dapat membuka aplikasi seperti CarPlay, gambar gelombang Siri, playlist musik, hingga tampilan peta jalan.

    Melihat desain 3D ini, banyak yang merasa Apple Car ini tampak seperti SUV ketimbang sedan pada umumnya. Sudut atau desain yang diusung tampak tajam dan membawa kesan futuristik yang unik ketimbang minimalis dengan tepian serba membulat seperti halnya produk Apple kebanyakan.

    Menurut kalian gimana? Kalau desain mobil listrik self-driving Apple seperti ini, kira-kira bakal laku gak, ya?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini