home ×
Auto

Kalau Corolla Cross Kemahalan, Kamu Bisa Pilih MG ZS

07 August 2020 By
Kalau Corolla Cross Kemahalan, Kamu Bisa Pilih MG ZS
Share
Share
Share
Share

MG ZS (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - Toyota Corolla Cross telah resmi dijual di Indonesia sejak dirilis pada Kamis (6/8/2020) melalui tayangan streaming. Kalau mengharapkan Corolla Cross 5-seaters dijual seharga Honda HR-V pastinya kecewa karena mobil yang mengusung platform TNGA-C ini dipasarkan paling murah Rp457.800.000 untuk mesin bensin, dan Rp497.800.000 untuk mesin Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Harga segitu malah dekatnya dengan SUV Honda CR-V 7-seaters yang paling murah dibanderol Rp467,9 juta.

Kalau kamu mau mendapat pilihan mobil crossover 5-seaters dengan harga jauh lebih murah dibandingkan Corolla Cross, kamu bisa pertimbangkan MG ZS yang sudah dijual di Indonesia sejak Maret 2020.

Demi mendapat apresiasi masyarakat Indonesia, MG ZS memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang terbilang royal untuk ukuran harga paling murah Rp255,8 juta  (ZS Exite) hingga paling mahal Rp289,8 juta (ZS Ignite).

Berikut fitur keselamatan keamanan dan keselamatan yang terdapat pada MG ZS.

BACA JUGA: Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur di RI, Hilangkan Fitur TSS

1. Body Structure: FSF (Full Space Frame)

Struktur bodi mobil MG memakai space frame. Berbeda dengan monocoque atau unibody, space frame tidak bergantung pada panel bodi untuk fungsi strukturalnya.

Sebagai gantinya, bingkai ruang menggunakan pola geometris dari penyangga yang saling terkait untuk memberikan dukungan dan panel bodi sebagian besar bersifat kosmetik.

2. Anti-Lock Braking Sistem (ABS)

Fitur ABS yang ditanamkan pada MG ZS bisa mencegah roda mobil terkunci ketika mobil mengerem mendadak.

Mobil tanpa ABS bisa berisiko mobil mengalami tabrakan karena roda mobil terkunci saat melakukan pengereman mendadak.

3. EBD (Electronic Brakeforce Distribution)

EBD bertugas mendistribusikan daya pengereman ke seluruh roda mobil, sehingga keberadaan fitur EBD tak lepas dari peran ABS.

EBD menyesuaikan secara otomatis pengereman di setiap roda dan memastikan as roda depan dan belakang tak terkunci. Fitur ini juga bisa menambah traksi ketika mobil berada di jalan.

4. EBA (Emergency Braking Assist)

EBA juga dipasangkan dengan ABS. EBA membuat sistem rem bekerja lebih cepat ketika mobil melakukan pengereman mendadak. Contohnya saat pengendara injak pedal rem mobil cukup dalam, ECU pun membaca mobil dalam keadaan darurat sehingga pengereman pun lebih menggigit.

5. ESC (Electronic Stability Control)

ESC berguna untuk mobil berjalan dengan stabil sehingga mengurangi risiko kecelakaan. Roda pada mobil MG ZS menggunakan sensor ESC pada roda sehingga bisa mendeteksi selip dan juga pengereman.

 

4. SCS (stability control system)

Fitur SCS atau disebut juga Electronic Stability Control (ESC) dapat mengontrol understeer dan oversteer dengan mendeteksi gaya berkendara dan mengontrol tenaga mesin dan pengereman sesuai kebutuhan.

 

5. TCS (Traction Control System)

TCS bisa meminimalisir risiko kecelakaan dengan mencegah roda selip karena jalanan licin saat hujan. Fitur ini bisa mengontrol traksi dan menjaga putaran roda agar tak selip ketika diajak berakselerasi.


6. HAS (Hill Start Assist System)

HAS berfungsi agar kendaraan tidak bergerak mundur ketika berada di tanjakan. Fitur ini bisa diktifkan dan juga dinonaktifkan dengan memencet tombol.

7. TPMS (Tire Pressure Monitor System) - (tipe Ignite)

TPMS bisa memberi peringatan kepada pengemudi bahwa tekanan angin ban mobil di bawah minimum.

8. ESS (Emergency Stop Signal)

ESS memanfaatkan semua lampu sein mobil menyala dan berkedip saat mobil melakukan pengereman mendadak.

Hal ini bisa memperingatkan kepada pengemudi kendaraan lain, terutama yang berada di belakang sigap bahwa kendaraan di depannya tengah dalam kondisi darurat karena melakukan pengereman mendadak.

 


9. Follow Me Home Light


Fitur ini memanfaatkan lampu high beam yang otomatis menyala di area kurang cahaya saat kamu keluar dari mobil dan masuk ke dalam ruangan. Lampu high beam akan menyala dalam beberapa detik dan kemudian mati.

10. Front seat belt menggunakan Pretensioners dan load limiters

Pretensioners dan load limiters merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat sabuk pengaman bekerja lebih efektif.

Pretensioner pada sabuk pengaman bisa mengurangi kelonggaran berlebih dengan sekejap saat merasakan kendaraan menabrak sesuatu.

Load limiters atau pembatas beban berfungsi agar sabuk memberikan batas kekuatan sabuk saat mengendalikan beban tubuh pengemudi dan penumpang sehingga meminimalkan risiko cedera.

Fitur keamanan dan keselamatan lainnya, MG ZS memiliki kamera belakang, sensor parkir, side airbags and curtain airbags, kunci immobilizer beserta alarm pengaman.

Kemudian untuk hiburan pakai layar sentuh 8 inci dan roda kemudi dilengkapi multi-fungsi-kontrol audio dan bluetooth untuk ponsel.

Oya, mengendarai MG ZS juga menyenangkan dengan adanya sunroof yang dilengkapi panoramic.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article