icon-category Gadget

Kalau Layar Lipat Galaxy Z Flip Rusak, Biaya Gantinya Seharga Mi Note 10 Pro

  • 20 Feb 2020 WIB
  • Bagikan :

    (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

    Uzone.id -- Ponsel layar lipat Galaxy Z Flip mengusung teknologi baru berupa layar kaca yang fleksibel dan desain premium. Banderol ponsel ini mencapai Rp21,888 juta, bagaimana dengan layarnya sendiri yang menjadi kontribusi dari harga selangit ini?

    Galaxy Z Flip menjadi ponsel layar lipat kedua dari Samsung. Sama seperti produk pertamanya, Galaxy Fold, layar menjadi komponen penting nan mahal. Layar lipat yang dikembangkan Samsung memang termasuk teknologi baru, terutama dari sisi material.

    Berbeda dari Galaxy Fold, Galaxy Z Flip sudah mengusung layar Ultra-thin Glass (UTG) yang diklaim belum pernah ada sebelumnya. Layar kaca ponsel ini sangat tipis dan memiliki beberapa lapis hingga menjadi kokoh.

    Baca juga: Setelah Galaxy Z Flip, Samsung Siap Hadirkan Galaxy Fold 2?

    Hal menarik berikutnya dari layar yang serba canggih begini adalah, bagaimana kalau terjadi kerusakan? Berapa biaya yang harus ditanggung pengguna?

    Dijelaskan Product Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Oktavianus, pengguna Galaxy Z Flip mendapatkan Galaxy Premier Service seperti yang diterapkan pada Galaxy Fold.

    “Melalui layanan ini, konsumen mendapatkan garansi 1 tahun. Jadi kalau ada klaim layarnya rusak, pengguna berhak mendapat satu kali keringanan biaya hanya dengan membayar Rp1,6 juta,” jelasnya di sela jumpa pers di Jakarta, Kamis (20/2).

    (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

    Ditambahkan Taufiq Furqan sebagai Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, harga asli ganti kerusakan layar Galaxy Z Flip ini cukup tinggi, setara dengan harga ponsel kekinian Mi Note 10 Pro yang dibanderol Rp6,9 juta.

    “Kurang lebih harga ganti layar Z Flip tanpa garansi itu Rp6 sampai 7 jutaan,” kata Taufiq.

    Baca juga: Tanggapan Samsung Soal Layar Galaxy Z Flip yang Cepat Lecet

    Dia melanjutkan, “garansi 1 tahun tersebut berlaku untuk layar utamanya ya, yang bisa dilipat itu, bukan layar di bagian depan. Kalau layar depan, itu warranty biasa saja.”

    Biaya yang cukup mahal untuk layar ponsel ini mendorong Samsung untuk memberikan pedoman penggunaan bagi konsumen yang membeli Galaxy Z Flip.

    “Karena ini layar lipat, harusnya penggunaannya jadi lebih dirawat ya, lebih hati-hati dalam menggunakannya, karena ini teknologi terbaru. Tapi supaya lebih meyakinkan soal ketahanan, kita sih sudah menguji coba kalau Z Flip ini bisa dilipat sebanyak 200 ribu kali. Kalau sehari saya buka-tutup 100 kali, Z Flip bisa tahan sampai 5 tahun,” tutup Verry.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini